MENGENAL BORAKS DAN DAMPAK PENGGUNAANNYA

Pada pembuatan mainan anak slime, boraks digunakan untuk mengembangkan dan menggumpalkan bahan campuran sehingga dapat dijadikan gumpalan warna warni yang kenyal, gampang diubah-ubah bentuk mengikuti imajinasi anak. Memainkannya diatas lantai, ditusuk-tusuk dengan jari atau dibolak-balik dan dibentuk sesuka hati. Permainan yang simpel, cenderung membosankan tetapi banyak anak menyukainya dan tahan bermain slime selamaberjam-jam.

Bahan slime tersebut dapat dijadikan bahan baluran untuk busa/sponge dalam pembuatan squishy, mainan anak yang kenyal dalam berbagai bentuk yang menarik dan lucu.

Squishy biasanya dijadikan hiasan telepon seluler atau gantungan kunci dengan berbagai karakter yang disukai anak, dijadikan mainan tangan dengan cara menggenggam dan meremasnya, karenamainan squishyini meskipun digenggam sekencang kencangnya akan tetap kembali ke bentuk semula. Semakin perlahan kembali ke bentuk semula dianggap squishy itu semakin bagus.

Cara mudah mengenali bahan makanan mengandung boraks adalah dengan memperhatikan tampilan fisiknya, dimanabahan makanan mengandung boraks pada umumnya teksturnya menjadi sangat kenyal dan tahan beberapa hari jika disimpan dalam suhu kamar

Tahu yang proses produksinya menggunakan boraks rasanya tajam, sangat gurih, terasa getir pada lidah. Mie yang menggunakan boraks sebagai pengawet menjadi sangat mengkilat seperti dilumuri minyak, tidak lengket dan tidak mudah putus. Bakso, lontong, ketupat menggunakan boraks sebagai pengawet dan pengeras. Bakso yang mengandung boraks cenderung berwarna putih tidak kecoklatan seperti penggunaan daging. Kalau digigit bakso kembali ke tekstur semula, kenyal dan cenderung keras. Demikian juga ketupat dan lontong, warnanya menjadi putih pucat dengan aroma yang sangat tajam. Selain itu, boraks jugadigunakan sebagai pengawet untuk kecap, teh, cenil, kerupuk dan beragam jenis makanan lain.


APA ITU BORAKS ?

BORAKS – Boraks adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi berwarna putih yang mengandung atom Boron (B) dan Oksigen (O) yang memiliki sebutan kimia Natrium tetraborat decahydrate dengan rumus molekul Na2B4O710H2O atau Na2[B4O5(OH)4]8H2O, CAS number 1303-96-4, HS Code28401990, memiliki berat masa molekul 381.37 Dalton. Jenis-jenis Boraks yang biasa digunakan antara lain adalah Natrium biborat (Sodium biborate), Natrium piborat (Sodium piborate), Disodium tetraborate, Sodium borate decahydrate, Boric acid, Disodium salt, Antypionin, Boracsu, Boricin, Jaikin, Neobar, Polybor.Boraks berbentuk serbuk atau kristal yang tidak berbau. Bahan kimia ini dapat dengan mudah larut dalam air, Gliserol (Glycerol) dan Alkohol (Alcohol), tetapi tidak larut dalam asam. Jika larut dalam air akan menjadi Natrium hidroksida (Sodium hydroxide) dan asam borat (H3BO3).

Sumber boraks di alam adalah dari tempat-tempat yang mengandung deposit hasil penguapan, seperti tambang garam dan kawah lumpur di Bledug Kuwu, Jawa Tengah. Boraks secara lokal dikenal juga sebagai air bleng jika dalam bentuk larutan jernih,atau garam bleng jika dalam bentuk kristal padat. Cara pembuatan boraks mirip dengan cara produksi garam tradisional. Air mineral bleng dituangkan dalam bambu, kemudian dikeringkan. Hasilnya adalah padatan atau cairan bleng yang merupakan bentuk tidak murni dari asam borat.

Boraks banyak digunakan di berbagai industri non pangan, seperti di industri kertas, kayu, plastik, keramik dan gelas. Selain sebagai pengawet anorganik, boraks juga merupakan pembunuh mikroba yang ampuh. Gelas pyrex atau peralatan gelas laboratorium kimia bisa memiliki performa yang sangat kuat menahan panas karena dibuat dengan campuranboraks. Daya pengawet boraks yang luar biasa itu kemungkinan berasal dari asam aktif borat.Asam borat (Boric acid) dengan rumus molekul H3BO3, merupakan senyawa organik lemah yang kerap digunakan sebagai antiseptik, obat kumur, semprot hidung dan salep luka kecil. Larutan asam borat dalam air (3%) dapat digunakan sebagai obat cuci mata.

Namun perlu diingat bahwa boraks sangat berbahaya bagi kesehatan manusia apabila terhirup, terminum, termakan lalu masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah banyak. Makanan mengandung boraks yang dikonsumsi sedikit demi sedikit akan mengakibatkan terjadinya akumulasi bahan kimia boraks yang bersifat karsinogen dalam organ tubuh manusia seperti hati, otak, ginjaldan testis. Boraks yang dikonsumsi cukup tinggi dapat menyebabkan gejala pusing, muntah, mencret, kejang perut, kerusakan ginjal, hilang nafsu makan. Bahkan hingga kejadian meninggal dunia dapat terjadi pada bayi dan anak kecil hanya dengan dosis toksin boraks dalam tubuh yang telah mencapailebih dari 5 gram. Sementara kematian pada orang dewasa dapat terjadi jika dosis toksinboraks sudah mencapai 10-20 gram. Batas aman penggunaan boraks pada makanan secara legal adalah 1 gram per 1 kilogram pangan (1/1000). Karena dampak bahaya karsinogennya terhadap kesehatan manusia maka Pemerintah secara resmi telah melarang penggunaan boraks sebagai bahan tambahan dalam proses produksi makanan.

Adapun bahan pengganti boraks yang aman dipakai dan dapat memberikan efek sama sebagai pengenyal dan pengawet alamiadalah air abu yang berasal dari pembakaran tangkai bulir padi (merang) dan daun pisang kering (klaras). Selain itu alternatif pengawet alami lain pengganti boraks adalah air kapur sirih dan Sodium tripolyphosphate (STPP atau E451). Kelebihan penggunaan STPP dibanding boraks adalah harganya lebih murah, dengan hanya sedikit STPP dapat membuat adonan kue mengembang, lebih renyah dan lebih lezat.

Sebagaimana pada makanan, kandungan boraks pada mainan anak-anak seperti slime dan squishyjuga berpotensi mengganggu kesehatan apabila ada bagian dari mainan tersebuttertelan atau termakan anak saat memainkannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan agar orang tua mengawasi anak-anaknya saat bermain. Orang tua juga diharapkan menyeleksi jenis mainan yang boleh dimainkan anaknya.


Penulis : Ria Rosmayani Damopolii

SUMBER PUSTAKA

https://aghnan354.wordpress.com/ilmupengetahuan/bahan-pengawet-dan-penyedap-dalam-makanan-boraks-formalin-dan-msg/

http://mellarosmayanti.blogspot.co.id/2014/08/waspadalah-makanan-dan-minuman.html

https://oliveoile.wordpress.com/2008/01/07/formalin-boraks/

http://brbagi.com/120-daftar-harga-squishy-terlaris-termurah/

http://food.detik.com/read/2012/06/26/063040/1950663/297/bleng-bahan-kimia-mirip-boraks-biasa-dipakai-untuk-kerupuk

http://www.edubio.info/2015/01/boraks-asam-borat-dan-bleng.html

Views: 112860