PEDOMAN UNTUK PEMBAKARAN TERBUKA LIMBAH POPs

Pembakaran terbuka adalah proses yang tidak diterima lingkungan karena menghasilkan zat kimia seperti yang tercantum dalam lampiran C Konvensi Stockholm dan sejumlah besar produk polutan lain dari pembakaran tidak sempurna. Sesuai lampiran C, bagian V, bagian A, subparagraph f Konvensi Stockholm, petunjuk terbaik untuk mengurangi jumlah barang yang dibuang memalui cara ini dengan menghilangkan sama sekali.

Teknik lain yang diantaranya mungkin mempengaruhi perbaikan, sehubungan dengan bahan-bahan yang dibakar adalah menghindari bahan-bahan yang tidak bisa dibakar, seperti gelas dan logam pejal, sampah basah, dan material yang sulit terbakar; menghindari kotoran yang mengandung klorin tinggi,apakah klorida anorganik seperti garam, atau klorin organik seperti PVC; dan menghindari material yang mengandung logam katalitik seperti tembaga, besi, kromium, dan alumunium, bahkan dalam jumlah kecil. Material yang akan dibakar sebaiknya kering, homogen atau tercampur dengan baik, dan densitas rendah, seperti sampah yang tidak dipadatkan.

Sehubungan dengan proses pembakaran, tujuan harus mencakup : supply kebutuhan udara, menjaga pembakaran tetap, atau laju kehilangan massa, meminimalkan abu, sebisa mungkin dengan penyelesaian langsung, dan batas pembakaran sampai kecil, aktif terbalik, ventilasi pembakaran yang baik, tempat sampah atau kontainer (bak) dengan lubang kecil.

1. Pedoman Umum

Pembakaran terbuka meliputi sejumlah besar pembakaran sampah yang berbedayang tidak terkontrol, Termasuk pembakaran di bak sampah, pembakaran pada lubang, pembakaran pada lahan terbuka, dan pembakaran dengan bahan bakar. Bagi orang-orang diberbagai belahan dunia, pembakaran terbuka adalah yang paling termurah, paling mudah, cara mengurangi volume yang paling bersih untuk membuang bahan yang mudah terbakar. Hal ini khususnya untuk orang yang tidak memiliki access untuk mendapatkan informasi tertang penanganan sampah dan mereka yang diberikan tanggung jawab sendiri untuk membuang sampahnya.

1.1 Ancaman kesehatan masyarakat akibat pembakaran terbuka

Penelitian terkini menunjukkan bahwa pembakaran terbuka merupakan sebuah ancaman yang lebih serius bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan daripada yang diperkirakan sebelumnya.Pembakaran pada suhu rendah dan membara pada kondisi khusus pembakaran terbuka menyebabkan pembentukan banyak racun dan bahan kimia yang berpotensi berbahaya, termasuk bahan kimia yang tercantum dalam Lampiran C dariKonvensi Stockholm. Senyawa ini dapat terbentuk selama pembakaran terbuka terlepas darikomposisi bahan apayang sedang dibakar. Senyawa-senyawa yang dihasilkan dari sumberpembakaran terbuka dapat berpindah untuk jarak yang jauh dan mengendap di tanah, tanaman, dan air.

Sisa abu membakar yang menumpuk juga mengandung polutan, yang dapat menyebar ke tanah dan air.Hewan dan ikan menelan polutan dan polutan tersebut terakumulasi dalam jaringan, sedangkan tanaman dapat menyerap mereka melalui permukaan daun mereka.Ketika makanan yang terkontaminasi tersebut dimakan, polutan berpindah kepada manusia. Selain itu, asap dan partikulat dari sumber pembakaran terbuka dapat memicu masalah kesehatan pernapasan, khususnya di kalangan anak-anak, orang tua, dan orang-orang dengan asma atau penyakit pernapasan lainnya, dan orang-orang dengan jantung kronis atau penyakit paru-paru.

1.2 Status pembakarn terbuka

Ketika dokumen ini memberikan panduan untuk praktek pembakaran terbuka, ia mengakuikerusakan lingkungan yang dihasilkan dari pembakaran terbuka , dan tidak boleh diambil sebagai lisensi untukmelanjutkan praktek, justru yang seharusnya diminimalkan dan dihilangkan sesegera mungkindan dimanapun juga. Pembakaran terbuka mungkin masih menjadi pilihan terakhir di mana tidak adametode pembuangan atau pemulihan alternatif karena infrastruktur yang tidak memadai ; dimana

pembuangan yang bersih diperlukan untuk mengendalikan penyakit atau hama; atau dalam kasus bencana atau darurat lainnya. Namun, sampah rumah tanggatidak boleh dibakar dalam perangkat pembakaranperumahan dalam ruangan seperti kompor, perapian atau tungku (lihat bagian VI.C dari pedoman ini).

Pembakaran sampah terbuka termasuk pembakaran pada lokasi pembuangan sampah (landfill) untuk mengurangi volume, yang terdaftar sebagai sumber POPs disengaja seperti dalam lampiran C, Bagian III Konvensi Stochkolm. Subparagraph (f) dalam lampiran C bagian A secara peran mengacu pada " ... tujuan penghentian pembakaran terbuka dan lainnya yang tidak terkontrol, termasuk pembakaran pada lokasi pembuangan sampah.

Meskipun Konvensi Stockholm difokuskan pada pencemar organik yang persistenseperti olychlorinated dibenzo - p - dioxin (PCDD) , Polychlorinated Dibenofurans(PCDF) , polychlorinated biphenyls (PCB) dan hexachlorobenzene ( HCB ) sebagai produk daripembakaran tidak sempurna, pembakaran terbuka bertanggung jawab terhadap pembentukan produk samping pembakaran yang beracun melampaui bahan kimiaternama . Produk samping lainnya termasuk hidrokarbon polisiklik aromatik , partikulat , benzene dan karbon monoksida. Tanpa memperhatikan bahankimia tertentu , asap dan bau tidak menyenangkan selalu menyertaipembakaran terbuka,dan efek paling buruk adalah bahaya kesehatan. Penghapusan POPs yang tercantum dalam Konvensi Stockholm tidak cukup untuk memperbaiki efek emisi dari pembakaran terbuka untuk membuatsarana pembakaran sampah yang disukai lingkungan. Sangat penting bahwa fokus pelaksanaanKonvensi Stockholmuntuk mencari alternatif untuk pembakaran terbuka daripada hanya mencoba untuk menunjukkan praktik yang benar . Pemberian bimbingan ini tidak dapat dianggap sebagai penerimaan ataupembenaran.

Upaya untuk mengurangi pembakaran terbuka sebaiknya didukung dan lebih focus kepada usaha pemerintah, sektor swasta dan komunitas masyarakat yang mendukung alternatif pilihan terakhir atau memanajemen sampah. Lembaga pemerintah yang mengurusi kebijakan kesehatan publik dan pendidikan sebaiknya lebih memperdalam pengaruhnya terhadap perhatian kebijakan sampah.Petunjuk Teknis Konvensi Bassel menawarkan petunjuk dasar dalam alternatif untuk pebakaran terbuka dan bagaimana implemetasinya (Sekretariat Konvensi Basel 1994).

Negara-negara sebaiknbya bekerja lebih rajin lagi untuk menyelenggarakan dan mengimplementasikan praktek manajemen sampah, termasuk menggiatkan kembali pengurangan, penggunaan kembali, pendaurulangan, pengkomposan, pembuangan sampah terbuka modern, dan teknik pembakaran yang terbaik. Upaya mengimplementasikan usaha dan mekanisme keuangan dapat digunakan untuk mendukung pengadaan system manajemen sampah sebagai alternatif untuk pembakaran terbuka.Sebagai tambahan, program mendidik dan material yang didesain untuk mendidik target audience (pengolah sampah) tentang resiko terhadap kesehatan manusia dan lingkungan yang disebabkan oleh pembakaran terbuka sebaiknya dianggap sebagai bagian dari usaha meminimalisir secara berkelanjutan.

Banyak negara yang mempunyai rumus peraturan dan larangan untuk mengatasi berbagai praktik pembakaran terbuka. Sejumlah peraturan dianggap terlalu umum, disebabkan kerena sarana untuk mengurangi emisi POPs dalam setiap kategori adalah sama. Kecelakaan kebakaran dan pembakaran yang disengaja untuk material non sampah tidak dianggap, tetapi merreka juga sumber POPs.Pihak-pihak dalam konvensi diharapkan mengambil langkah untuk mengurangi kejadian pembakaran biomassa pada semua tipe begitu juga pembakaran di area perumahan, automobile dan tempat-tempat bisnis. Banyak pihakyang hanya memperhatikan pengaruh percikan api atau perpindahan partikel saja saat pembakaran terbuka.

1.3 Dasar Ilmiah dan Pertimbangan Umum

Komposisi sampah bervariasi menurut sumbernya. Limbah rumah tangga mungkin berisi lebih banyak mengandung material organik; limbah industri mungkin berisilebih logamdan bahan kimiaorganik.

Beberap alimbah itu sendiri bahkan limbah domestik seperti pakaian atau kulit-mungkin berisi polutan organik yang persisten (UNEP 2003). Bagian IIIC (i) dan (ii) saat ini pedoman menjelaskan mekanismepembentukan pencemar organik yang persisten dan mereka menghubungkannya dengan bahan yang mungkin terkandung dalam limbah. Ayat 1.3.1 di bawah ini berisi panduan umum tentang bahan dan proses; subbagian 2 - 4 mengandung informasi lebih lanjut mengenai komposisi bahan untuk berbagai jenis limbah yang berbeda.

Komposisisampahjuga bervariasiantara negara-negara, dandari waktu ke waktu. Data akurat komposisi limbah dari tiap negara akan membantu dalampengelolaan sampahsecara keseluruhan,meningkatkanjumlah bahanyang tersedia untukdi daur ulang ataudigunakan kembalidan mengurangi jumlahyang dibakar secara terbuka.

Gambar 1. Binatang Ternak yang Merumput di Area Pembakaran Terbuka

Ada beberapa data mengenai generasi pencemar organik yang persisten dari pembakaran sampah yang tidak terkendali. Kebanyakan eksperimen telah dilakukan pada apa yang disebut barel pembakaran (pembakaran dalam tong), tetapi ada keterbatasan atau tidak ada data tentang “dump fire”, pembakaran terbuka dalam lubang atau buang pembakaran di tanah.

Toolkit terstandar UNEP untuk mengidentifikasi dan menghitungpaparan dioxin dan furan Siaran (UNEP 2003) memberikan dasar yang kuat untuk menghitung emisi dioxin dan furan. Sejumlah pihak yang telah menghabiskan dioxin dan furan persediaan mereka telah menemukan bahwa pembakaran terbuka adalah salah satu dari empat terbesar sumber dioksin dan furan.

1.3.1 Proses Pembakaran

Dalam jangka pendek, di mana tidak ada cara yang realistis untuk menghilangkan semua pembakaran terbuka, langkah terbaik adalah dengan mengurangi jumlah bahan dibuang melalui metode ini. Hal ini sesuaidengan konvensi dan tujuannya eliminasinya.

Teknik lain yang dapat mempengaruhi perbaikan meliputi berikut (Gullett 2003):

Benda-benda yang berpotensi meledak (misalnya kaleng aerosol, sebagian kontainer penuh cairan yang mudahterbakar) dan bahan berbahaya harus dihilangkan, terutama yang harus dihancurkan dengan menggunakan teknik terbaik yang tersedia dijelaskan di bagian lain dari petunjuk (liahat bagian V.A (i) sub bagian 2.2 petunnjuk ini).

1.3.2 Penanganan setelah pembakaran

Sebelum limbah dibakar dapat ditangani atau diatasi, harus benar-benar padam. Kegagalan untuk melakukan hal ini berpotensi dapat memicu pembakaran tidak terkendali di daerah yang luas atau membiarkan terbentuk bara. Abu dari pembakaran sampah campuran harus dijaga dari daerah hijauan, dan yang dikubur lebih baik daripada yang tersebar.

Gambar 2. Tipikal Model Pembakaran Terbuka Untuk Pembuangan Sampah Campuran

1.3.1 Pertimbangan Kesehatan dan Keselamatan

Selain petunjuk tersebut, berbagai langkah harus diambil untuk mengurangi jalur paparan dioksin dan furan.Seperti secara luas diakui, paparan terhadap manusia melalui rantai makanan. Dengan demikian, diperlukan lokasi pembakaran yang terletak jauh dari tempat produksi tanaman dan hewan. Satu hal yang baik jika mencari lokasi pembakaran yang jauh dari penduduk dan arah angin yang sedikit mungkin mengarah ke daerah perumahan.

Selain mengisolasi warga daribau, gangguan dan potensi paparan racun dari pembakaran terbuka, dalam semua kasus, baik di TPA atau di fasilitas terpencil, penjaga pembakaran harus memposisikan diri melawan angin dari setiap limbah pembakaran dan bersih dari limbah pembakaran. Pakaian pelindung seperti sarung tangan, sepatu boot dan semacamnya, bersama-sama dengan masker asap dan kacamata, dianjurkan sebisa mungkin dipakai.

1.3.2 Teknologi Pembakaran Menengah dan Praktek

Alat pembakaran, kadang-kadang disebut "insinerator" oleh pihak yang menjual untuk tujuan pembakaran sampah. Dalam beberapa kasus perangkat ini mungkin yang sederhana seperti drum baja atau tong yang mengandung limbah tetapi bukan merupakan teknik terbaik untuk insinerasi. Yang dituju dalam panduan ini, pembakaran terbuka meliputi segala bentuk pembakaran untuk pembuangan limbah, baik dalam tumpukanterbatas atau dibatasi tong logam atau pembakar, yang tidak memenuhi standar untuk insinerasi (menggunakan teknik terbaik yang tersedia) dari sampah kota, medis atau berbahaya, seperti yang didefinisikan olehForum.

Utilitas alat pembakaran menengah ini dibatasi oleh kurangnya data pada terbentuknya pencemar organik yang persisten. Sangat disaran kan bahwa produsen alat ini menyediakan data tersebut, khusus untuk limbahyang mereka dimaksudkan.

2. Pembakaran biomassa disengaja

2.1 Pertanian / sisa tanaman dan membersihkan puing-puing di tanah

2.1.1 Komposisi Bahan

Secara umum, bahan ini adalah biomassa: kayu, rumput dan vegetasi lainnya. Tergantung pada lokasinya, mungkin termasuk serat sisal, sekam kopi, tongkol dan batang jagung, tebu atau sekam padi. Material yangmungkin terdiri dari tanaman hidup, guguran atau bagian tumbuhan yang telah dipotong dan dikeringkan. Pembakaran yang disengaja tidak merupakan pembakaran terkontrol meskipun fakta bahwa batas-batas geografis untuk material yang dibakar mungkin didefinisikan dengan baik .

Bahan biomassa bervariasi dalam kadar air (yang masih hidup terhadap hasil panen; musim penghujan dibandingkan musim kemarau; kelembaban rendah dibandingkan kelembaban tinggi), massa jenis bahan bakar(massa per hektar dan tingkat kepadatan atau ukuran lain) dan lain-lain. Bahan biomassa bervariasi secara alami dalam hal kandungan kloridanya dan mungkin telah mendapat perlakuan dengan bahan kimia ( pestisida klor atau pupuk ),logam mampu berperan sebagai katalis dalam pembentukan polutan organik yang persisten (tembaga, untukcontoh tembaga kromium arsenat untuk kayu) atau inhibitor (sulfur, bahan yang mengadung nitrogen), yang semuanya dapat mempengaruhi pembentukan persisten organik polutan, terutama dioxin dan furan, selama pembakaran terkendali (lihat ayat 1.3 di atas pada pertimbangan proses umum ). Beberapa penelitian pembakaran biomassa dalam skala besar telah dipublikasikan (Lobert et al 1999; Nussbaumer dan Hasler 1998;Gullett dan Touati 2003 ; Gullett dan Touati 2002 ).

2.1.2 Hambatan untuk menghapuskan solusi atau kebijakan untuk menghilangkan hambatan

Pembakaran yang disarankan dapat ijin dari pemerintah agar dirasakan manfaatnya secara ekonomi(pengurangan biaya), manfaat bagi pertanian (ash sebagai penggembur tanah ), pencegahan risiko (misalnya untuk meminimalkan kebakaran hutan di Australia), rayap, reptil atau pengendalian hama lainnya, kenyamanan atau rekreasi. Dalam setiap kasus ini pemerintah memiliki kekuasaan untuk menghapus izin untuk pembakaran tersebut dan untuk mendidik masyarakat mengenai risiko kesehatan dari pembakaran terbuka, terutama jika dilakukan dalam skala besar. Dalam beberapa kasus, seperti untuk pengendalian rayap, pembakaran biomassa mungkin yang paling bermasalah lingkungan. Biaya dan ketersediaan sarana alternatif pembuangan atau pengelolaan lingkungan dapat menjadi masalah menyeluruh.

2.1.3 Strategi dan instrumen kebijakan untuk menghindari , mengurangi atau mengalihkan limbah

Bila memungkinkan, mesin panen dipasangkan dengan alternatif penggunaan bahan yang tidak merusak bahan yang dipanen dapat mengurangi kebutuhan untuk pembakaran skala besar.

Di daerah peternakan dapat dipanen untuk silase. Rumput dapat dikeringkan untuk jerami; tanaman lain limbahnya dapat diolah untuk pakan ternak, fermentasi, dibiarkan terurai dalam situ atau menjadi kompos; kayu kualitas yang cukup dapat dipanen untuk papan; sampah halaman dapat kompos dan dimanfaatkan sebagai pengisi tanah; beberapa biomassa non - tradisional dapat digunakan sebagai bahan baku kertas. Dalamkebanyakan kasus, alternatif ini juga membutuhkan pasar dan infrastruktur untuk kelayakan ekonomi.

Hasil yang bermanfaat dapat diperoleh jika sampah tanaman pertanian dibuat kompos, terutama di daerah dengan tanah yang buruk. Teknik pembakaran bersih, sebagaimana direncanakan oleh Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, harus diterapkan di mana berlaku untuk daerah dan tanaman ( Sekretariat ASEAN 2003). Pengurangan dan penghapusan bahan POPs dari pembakaran terbuka dapat memberikan kesempatan untuk pelaksanaan reformasi pertanian.

2.1.4 Alternatif, hambatan untuk menggunakan dan instrumen kebijakan untuk menghapus hambatan

Alternatif berubah sesuai situasi. Hambatan termasuk kurangnya pendidikan, kurangnya kemauan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada pembakaran terbuka untuk mencapai tujuan, dan kurangnya mesin alternatif atau proses di mana pembakaran terbuka merupakan bagian yang terintegrasi dengan pertanian lokal. Biaya alternatif yang kadang-kadang sangat tinggi dalam bentuk apapun dapat menjadi penghalang dankarena dengan reformasi, instrumen ekonomi mungkin diperlukan atau diinginkan untuk mendorong perubahan. Proyek percontohan dan penelitian di daerah dapat membantu pemahaman tentang kelayakan alternatif.

2.1.5 Teknik dan peralatan pembakaran, dan sarana perbaikan

Dimana pembakaran biomassa terbuka diperbolehkan oleh kebijakan pemerintah dimana proses perbaikan dicatat dalam pedoman umum yang harus dilaksanakan. Perencanaan pembakaran yang matang ditentukanoleh modulasi kondisi cuaca akan memungkinkan kontrol yang lebih besar dan potensi paparan polusi udara melalui aliran udara bagi penduduk harus dapat diminimalkan. Setelah kebakaran, pengelolaan residu mungkinakan menjadi masalah.

Penggunaan bahan kimia di bidang pertanian dan kehutananharus diminimalkan sesuai dengan kebutuhan lokal dan dengan manajemen yang baik. Dimana pembersihan mesin dan penggunaan alternatif hasil panenadalah mungkin, luka bakar insidental dapat dihindari; Namun, di beberapa daerah situasi dilaporkan luka bakar kecil mungkin memiliki tempat dalam skema pengelolaan lahan secara keseluruhan jika digunakan untuk mencegah pembakaran disengaja lebih dahsyat bersamaan dengan emisi POPs yang lebih besar. Ditetapkan bahwa control yang baik ditunjukkan dengan tidak adanya kejadian luka bakar, prosedur pengurangan api (pelatihan, peralatan, perencanaan), infrastruktur (akses, jalan) dan perencanaan manajemen semua wajar sekunder.

3. Pembakaran terbuka limbah dari bermacam pemakai

3.1 Limbah rumah tangga , kebakaran TPA /dump, limbah industri tidak berbahaya

3.1.1 Komposisi Bahan

Limbah rumah tangga dan komposisi dari tempat pembuangan sampah dan pembuangan mungkin kualitasnya sangatserupa. Mereka penting untuk diperlakukan berbeda sesuai program (seperti daur ulang,pemulungan, pengkomposan atau segregasi lainnya) yang menghilangkan jalur tertentu dari limbah antara titik pengumpulan dan pembuangan. Limbah tidak berbahaya mungkin timbul dariperusahaan komersial seperti toko, restoran, dan industri kecil. Ini akan berbeda sesuai dengan sumber komersial yang tepat tapi mungkin berisi banyak samabahan yang ditemukan di sampah rumah tangga.

Pembakaran terbuka limbah telah menjadi topik penelitian yang signifikan ( Lemieux et al. 2003). Namun, tampaknya ada sedikit data tentang pembakaran sampah dan polutan organik yang persisten( Lemieux , Kecapi dan Santoianni 2004). Studi komposisi sampah menunjukkan variasi diantara sampah kota dan khususnya antara negara maju dan negara berkembang. Di negara-negara berkembang sebanyak 50 % dari komposisi limbah mungkin mudah busuk seperti sampah dapur. Di negara maju, sampah kemasan dan elektronik mungkin lebih sedkit ditemukan karena bahan-bahan ini telah hilang secara alami. Perbedaan signifikan juga terjadi antara limbah pedesaan dan perkotaan dari daerah yang berbeda, terlepas dari pembangunan. Secara umum, limbah rumah tangga dan sampah TPA akan berisi kertas, plastik, organik seperti sampah makanan, kaca, logam, kayu, kulit dan bahan serat lainnya. Dengan kondisi yang kurang terkontrol , limbah berbahaya dari rumah tangga seperti pembersih , cat dan pelarut dapat masuk ke TPA yang non berbahaya.

Selain itu, pendekatan pengelolaan yang negatif akan mengubah komposisi dan kinerja TPA atau sampah. Dalam perkembangan modern, TPA terpisah, jauh dari keseharian masyarakat modern terdiri dari tanah atautanah liat akan ditambahkan ke sampah untuk mengurangi tidak hanya kelembaban isi TPA tetapi juga kemungkinan kebakaran spontan. Pembuangan sampah tradisional, jika dibandingkan dengan yang modern, jarangterorganisir dengan baik dan lebih mungkin untuk terbakar secara spontan.

Semua situs pembuangan akan menghasilkan bebera pagas yang mudah terbakar (misalnya metana) dari anaerobik degradasi bahan organik terkandung di dalamnya. Kecuali gas ini dikendalikan itu merupakan bahan bakar yang sangat mudah terbakar untuk antropogenik baik spontan atau terlarang pengapian. Ini juga merupakan gas rumah kaca yang potensial. Sistem pengumpulan metana telah dirancang dan dilaksanakan sebagai bagian dari teknologi landfill modern, baik karena alasan keselamatan dan pemulihan energi potensial.

3.1.2 Hambatan untukeliminasi; remediasi atau kebijakan untuk menghilangkan hambatan

3.1.2.1 Limbahrumah tangga

Limbah rumah tangga akan dibakar di tempat terbuka dimana biaya, kenyamanan atau adat setempat dan penerimaan sosial membuat pilihan itu menarik bagi individu atau kelompok warga. Disuatu kasus di manaorang hidup di luar jauh dari pusat pemerintahan pilihan untuk pembuangan limbah niscaya akan sah-sah saja. Tanpa sistem yang tepa tditempat pembuangan limbah tetap sah bahkan di dalam pemerintahan kota.

Untuk menghilangkan pembakaran terbuka ini, alternatif yang masuk akalharus ada dan masyarakat harus di didik tentang adanya tempat pembuangan limbah serta konsekuensi dari pembakaran terbuka.

Gambar 3. Tempat Pemilahan Sampah Terpuast Untuk Reuse dan Recylce

Pada sumber atau pengumpulan terpusat, daur ulang, transportasi atau pembuangan lainnya harus dibuat terjangkau, nyaman dan efektif. Tempat pembuangan sampah harus dirancang dan dioperasikan sesuai dengan standar modern (Hickman danEldredge2004). Jika cara pembakaran yang akan digunakan, teknik terbaik menggunakan insenerasi telah tersedia, dengan pemulihan energi, adalah sangat lebih baik.

Pemerintah harus menerima tanggung jawab untuk membuat reklamasi limbah dan sistem pembuangan sebagai utilitas atau pelayanan publik. Negara-negara dan kota harus kebijakan untuk mengakhiri pembuangan dengan pembakaran dan menerima tanggung jawab untuk penegakan hukum. Selain itu, jika penimbunan modern dijadikan pilihan, perencanaan manajemen sampah dan peraturan harus mencakup ketentuan-ketentuan untuk mendirikan tempat pembuangan sampah baru sehingga mempertahankan kapasitas pembuangan.

Menerima tanggung jawab sederhana untuk menyediakan sistem pengelolaan limbah mungkin tidak berarti akhir dari pembakaran terbuka. Sampah dapat dikumpulkan dan disimpan digalian atau bak, yang dapat sendirimenjadi tempat untuk pembakaran terbuka. Kebijakan dan pelaksanaannya harus dikembangkan dan diterapkan untuk layanan ini terpusat. Pengapian spontan dan pembakaran dapat dikurangi dengan koleksi gaslandfill atau peraturan yang mewajibkan teknik kontruksi TPA modern dengan penutupan permanen galian buangan.

3.1.2.2 Pembakaran antropogenik tidak disengaja

Kecelakaan karena pembakaran antropogenik dalam galian dapat dikurangi dengan melarang, mengatur atau membatasi akses ke tempat pembuangan sampah dan galian. Dalam banyak kasus kebakaran yangdilakukan oleh pemulung yang hidup dan bekerja di daerah-daerah tersebut. Kebakaran, disengaja atau tidak, dapat memicu pembuangan materi atau gas TPA. Pihak berwenang harus menerima tanggung jawab dan memberlakukan peraturan dalam pelaksanaan kegiatan pemulungan , memberikan kondisi yang aman bagi pekerja dan membatasi akses ke dan tinggal di tempat pembuangan sampah terbuka.

3.1.2.3 Disengaja pembakaran antropogenik

Pembakaran antropogenik yang disengaja, yaitu membakar sampah untuk mengurangi volume, harus dilarang oleh pihak berwenang. Untuk menghindari kebutuhan untuk galian pembakaran membutuhkanperencanaan yang harus diberikan mengenai ukuran TPA, ruang, lokasi dan pengaturan, serta sebaik mungkin program dibuat untuk mengurangi dan menghilangkan sampah.

Pengelolaan sampah adalah sebuah sistem. Dimana sistem bekerja untuk membuat pembuangan akhir yang benar lebih tanggung jawab bersama dan bukan suatu tanggung jawab individu, yang secara ekonomi biaya akan naik, tapi secara umum biaya lingkungan dan dampak akan rendah.

3.1.3 Strategi dan instrumen kebijakan untuk menghindari, mengurangi atau mengalihkan limbah

3.1.3.1 Pengurangan Sumber

Studi yang cermat mengenai komposisi limbah di suatu daerah dapat memunculkan program-program khusus untuk pengurangan aliran volume besar. Sebagai contoh, dalam kasus tertentu membeli produk secara massal dapat mengurangi kebutuhan untuk kemasan produk secara individu. Hal seperti ini dan strategi lain mungkin dipengaruhi oleh kepadatan penduduk.

3.1.3.2 Pengkomposan

Dimana beberapa bagian dari limbah rumah tangga akan terurai, dan di mana penduduk yang padat akan mengizinkannya, pemerintah kota harus memberikan pendidikan dalam hal biaya dan ruang yang efektif untuk pengkomposan. Yang termasuk dalam strategi ini adalah pengalihan yang tepat limbah organik untuk pakan ternak atau menjadi produk lain yang sejenis, dimodulasi oleh kepedulian terhadap penyebaran penyakit.Pendidikan harus mencakup sarana untuk pengendalian hama dan penyakit. Beberapa limbah organik dapat mengandung polutan organik yang persisten atau bahan yang bisa dirubah menjadi pencemar organik yang persisten dalam proses pengomposan, dan mereka harus diperlakukan secara terpisah untuk menjamin kompos berkualitas tinggi yang POPs tersebut ( EPA 2005). Dalam beberapa kasus , kompos dapat ditingkatkan dengan substitusi bahan pengurai tertentu sebagai alternatif.

3.1.3.3 Reuse

Dimana bagian atau seluruh perangkat dapat dipulihkan , dicuci , diperbaiki atau direklamasi sebagai bagian yang bisa digunakan sebagai kebutuhan untuk mengurangi yang terbuang. Dalam banyak kasus , keterlibatantenaga kerja di reklamasi dan penciptaan nilai tersebut dapat lebih efektif biaya dan secara ekonomi menguntungkan daripada pembelian perangkat baru.

3.1.3.4 Daur Ulang

Banyak limbah yang bernilai, berupa barang-barang yang dapat dibangun kembali. Logam, kaca, kertas bersih dan kering, papan bergelombang, kain, plastik dan kayu yang didaur ulang. Tergantung pada situasi, koleksi terpusat dan infrastruktur daur ulang dapat dibiayai secara efektif. Disituasi lain , hanya menyediakan area bertingkat yang aman di lokasi pembuangan dan mendorong pengembangan pasar untuk memfasilitasi daur ulang oleh pemulung. Hal ini dapat sangat mendukung penciptaan lapangan kerja, konservasi sumber daya dan strategi pengurangan kemiskinan.

3.1.3.5 Insinerasi

Dalam beberapa situasi insinerasi adalah teknik terbaik, terutama dengan recovery energi pemulihan, dan pembakaran terbuka dapat hidup berdampingan. Ketika mereka lakukan, insinerasi adalah lebih baik daripadapembakaran terbuka, tapi mungkin bukan satu- satunya alternatif . Pihak berwenang harus berhati-hati untuk memahami hambatan lokal yang spesifik untuk penghapusan pembakaran terbuka dalam mengurangi pembuangan limbah ke lingkungan, termasuk pengurangan sumber, penggunaan kembali, daur ulang dan insinerasi dengan teknik terbaik yang tersedia. Pengumpulan dan biaya dapat menjadi salah satu hambatan; Namun , insinerasi menggunakan teknik terbaik yang tersedia, ketika digabungkan dengan recovery energi, dapat mengurangi biaya yang memberikan manfaat dan energi yang signifikan.

3.1.3.6 TPA modern

Mengingat perbedaan antara tempat pembuangan sampah modern dan tempat pembuangan yang tidak terorganisir, konstruksi TPA modern dengan koleksi gas dan lindi, dan merupakan kesempatan tepat untuk daurulang dan penggunaan kembali , adalah lebih baik untuk membuka pembakaran. Seperti disebutkan di atas, pemerintah perlu menerima bahwa pendidikan dan pilihan pembuangan limbah yang hemat biaya harus disediakan jika pembakaran terbuka untuk dihilangkan.

Tempat pembuangan sampah modern berbeda dalam banyak hal. Sebagai rekayasa konstruksi, mereka biasanya lebih aman, lebih bersih dan lebih rentan terhadap pembakaran antropogenik. Mereka juga memerlukan manajemen yang baik dan langkah-langkah keamanan untuk mengecualikan orang yang tidak berhak (misalnya pemulung ) dan mungkin relatif lebih mahal daripada pembakaran terbuka atau penimbunan dengan teknologi sederhana. Kebijakan yang melarang pembuangan limbah industri berbahaya industri dan penyebaran limbah melalui aliran sungai meningkatkan keamanan sistem pembuangan kota. Pemerintah dapat mendorong penggunaan yang efektif dari metode alternatif yang tercantum di atas dengan menerapkan hukum pembatasan pembakaran terbuka; kebijakan untuk pengkomposan, daur ulang atau pemulihan; pajaklimbah yang tinggi diterapkan pada sistem pembuangan; atau lembaga dengan biaya yang lebih rendah dan sistem pengelolaan sumber daya yang lebih sederhana.

3.1.4 Alternatif , hambatan untuk menggunakan dan instrumen kebijakan untuk menghapus hambatan

Strategi untuk pengurangan limbah dan alternatif yang tersedia untuk membuka pembakaran sebagian besar adalah sama.

3.1.5 Teknik Pembakaran dan atribut , dan sarana peningkatan

Dimana tidak ada alternatif yang disebutkan sebelumnya yang layak atau ketika alternatif tidak dapat diimplementasikan secara tepat waktu, pemerintah mungkin ingin mendidik warga negara bagaimana cara untuk mengurangi dampak pembakaran terbuka. Mereka perlu melakukan perbaikan proses seperti yang telahdiuraikan dalam pedoman umum.

3.2 Konstruksi pembongkaran dan puing-puing pasca bencana

3.2.1 Komposisi Bahan

3.2.1.1 Limbah Konstruksi

Limbah konstruksi terdiri dari bahan biasa untuk konstruksi dan potensikemasan di mana bahan-bahan yang dibawa ke lokasi (misalnya palet dan karung).Bahan konstruksi bangunan bervariasi menurut ukuran, jenis dan lokasi geografis. Jenis bangunan, baik yang komersial, kantor, atau perumahan, akan berbeda secara signifikan antara negara maju dan berkembang dan antar daerah. Yang bahan konstruksi umumnya mudah terbakar termasuk kayu, kertas dan serat lainnya, aspal, cat dan macam plastik. Kontaminasi logam dari kayu bakar tidak diketahui.

3.2.1.2 limbah Demolition

Pembongkaran sampah , khususnya sampah pasca bencana, akan berisi barang-barang penghuni lainnya. Bahan-bahan ini juga bervariasi menurut jenis bangunan, geografi dan pembangunan ekonomi. Sisa-sisa sebagian pembakaran dalam operasi industri juga dapat memenuhi syarat sebagai puing-puing pasca bencana atau limbah berbahaya.Untuk tempat tinggal, kesamaan ini adalah untuk limbah rumah tangga, dan akan lebih besar di negara berkembang; di negara maju akan ada proporsi yang lebih besar dari kain ( pakaian ), busa ( furniture ), plastik kaku ( peralatan ) dan serat ( karpet ). Untuk bangunan komersial isinya berupa barang-barang bisnis dan akan termasuk perabot dan serat sama dengan yang di tempat tinggal, serta elektronik dan
sejumlah kertas( kantor ) atau sejumlah produk untuk dijual.

3.2.2 Hambatan untuk eliminasi; obat atau kebijakan untuk menghilangkan hambatan

Pembakaran sampah yang disengaja yang berasal dari konstruksi atau pembongkaran adalah karena biaya rendah dan kenyamanan di tempat kerja. Hal ini dilakukan karena kebutuhan sanitasi, biaya penghilangan, ketidaknyamanan tempat penguburan atau tidak tersedianya alternatif. Meskipun praktek yang buruk dan harus dihindari tetapi keadaan terburuk tentang kesehatan masyarakat, pembakaran disengaja terhadap puing pasca bencana dikenal karena tidak tersedianya alternatif, keinginan untuk menghindari penggunaan besar ruang TPA atau kenyamanan dalam membersihkan daerah setelah gempa (Nakao et al. 1997). Masalahnya,nominal, adalah biaya, apakah dinyatakan sebagai biaya langsung atau biaya pembangunan atau penggunaan untuk pembuangan berarti.

3.2.3 Strategi dan instrumen kebijakan untuk menghindari, mengurangi atau mengalihkan limbah

Bersih,limbah konstruksi tidak terkontaminasi dapat dikumpulkan dan disortir dengan menggunakan bahan tersebut untuk konstruksi lainnya, menghancurkan untuk puing-puing dan bahan daur ulang. Pembongkaran, bila dilakukan sebagai pembongkaran, dapat menghasilkan banyak perlengkapan yang cocok untuk dijual kembali dan digunakan kembali. Bahan dari pembongkaran yang tidak dapat digunakan kembali atau diolah dapat dipisahkan dan dibuang, sebanyak limbah konstruksi. Sementara dalam teori strategi yang digunakan untuk pengolahan limbah konstruksi dan pembongkaran juga dapat digunakan untuk puing-puing pasca-bencana,dengan skala yang dapat sangat berbeda. Setelah bencana mungkin tidak ada pilihan selain untuk memindahkan material kelokasi penimbunan limbah, yang memungkinkan pemulungan seperti biasa atau melakukanoperasi pemulihan di sana. Penimbunan tanpa pemulungan atau insinerasi menggunakan teknik terbaik yang tersedia mungkin pilihan terbaik jika darurat, tergantung pada keadaan yang tepat.

Pemerintah dapat melakukan beberapa hal termasuk melarang pembakaran terbuka untuk bahan konstruksi dan puing-puing pembongkaran. Ketika ada infrastruktur pengelolaan limbah yang buruk , banyak dariinstrumen yang sama digunakan dalam pemulihan dari limbah rumah tangga bahkan mungkin berguna untuk konstruksi dan pembongkaran bahan.

3.2.4 Alternatif, hambatan untuk menggunakan dan instrumen kebijakan untuk menghapus hambatan

Sebagaimana diuraikan di atas, alternatif untuk pembuangan limbah konstruksi dan pembongkaran situs yang koleksi, pemisahan, pembongkaran, dijual kembali, reuse dan daur ulang. Proses ini bisa ekonomis atau dapat dibuat begitu oleh perubahan undang-undang atau peraturan yang mengatur pembuangan bahan-bahan tersebut. Instrumen tersebut termasuk larangan pembakaran terbuka, penghapusan pajak dan hambatan keuangan lainnya pada pembuangan TPA konstruksi danbahan pembongkaran, atau instrumen ekonomi mempromosikan daur ulang atau digunakan kembali. Dibanyak kasus, penjualan kembali perlengkapan bangunan didorong dan ekonomis; ini terutama berlaku di negara-negara berkembang. Selain itu , kontrak untuk konstruksi dapat ditulis untuk menentukan pemindahan reruntuhan sebagai tanggung jawab kontraktor.Pembuangan yang diterima juga dapat ditentukan olehkontrak.

3.2.5 Teknik Pembakaran dan atribut, dan sarana peningkatan

Untuk bahan-bahan ini, pedoman umum yang sama berlaku seperti diuraikan di tempat lain didokumen. Pembakaran terbuka harus menjadi pilihan terakhir dan harus secara aktif mengeluarkan material yang tidakterbakar dengan baik atau sama sekali.

4. Pembakaran Terbuka bahan tertentu dan lain-lain

4.1 Plastik Pertanian

4.1.1 Komposisi Bahan

Lembaran untuk pertanian biasanya terbuat dari polietilen karena biaya, tapi etilena - vinil asetat kopolimer ( EVA ) juga sering digunakan . PVC telah digunakan sebelumnya , tetapi tampaknya kurang umum saat ini . Di antara kegunaan lain , lembaran pertanian digunakan untuk menutupi bidang dalam

awal musim untuk menghangatkan tanah; sebagai pembungkus bale; sebagai tas untuk silase, pupuk atau bahan kimia pertanian; dan sebagai rumah kaca film. Beberapa pemasok khusus menawarkan bahan yang bisa terdegradasi, meskipun persyaratan ini tidak universal.

Wadah plastik pestisida yang kaku atau bahan kimia pertanian lainnya dapat ditemukan dengan mudah. Tas biasanya polyethylene densitas rendah; botol, drum dan bak biasanya polietilen tinggi, polietilen multilayer, atau wadah polietilen yang permukaan interior telah diatur untuk mengurangi interaksi dengan isi produk. Satu laporan membahas percobaan membakar tas yang berisi sisa pestisida tetapi menemukanPCDD / PCDF hanya " tingkat yang sangat rendah ", dan kosong untuk kedua emisi udara dan residu padat( Oberacker et al . 1992 ) . Mengikuti prosedur yang dipublikasikan untuk membilas wadahdan mengganti air bilasan denganbenar, secara signifikan akan mengurangi kemungkinan sudah rendah ini.

4.1.2 Hambatan untuk eliminasi; remediasi atau kebijakan untuk menghilangkan hambatan

Material yang terletak jauh dari pengumpulan sampah normal akan dibuang dengan biaya sangat rendah dan metode yang paling nyaman. Pembakaran dapat dikurangi dengan institusi dari skema pengumpulan materi,terutama jika banyak petani di daerah yang sama menggunakan material yang sama. Pemerintah juga dapat mengadakan program pendidikan dan hukum yang melarang pembakaran, mendukung daur ulang dan mengembangkan instrumen ekonomi untuk mendukung seperti inisiatif.

4.1.3 Strategidan instrumen kebijakan untuk menghindari, mengurangi atau mengalihkan limbah

Film pertanian di daur ulang secara luas di beberapa negara. Hal ini difasilitasi ketika bahan dikumpulkan secara eksplisit. Di mana tidak ada kesempatan untuk bentuk lain daur ulang dalam pembuangan yangdimanfaatkan, termasuk TPA. Penggunaan aditif seperti UV-inhibitor dapat memperpanjang umur film rumah kaca dan mengurangi kebutuhan untuk pembuangan. Karena ketiadaan program tertentu, bahan yang digunakan untuk membungkus bal atau mengantongi kompos dibuang dengan cara yang sama seperti setiap kemasan di daerah tertentu. Di beberapa daerah, film yang dapat didaur ulang secara eksplisit, diperparahmenjadi komposit kayu-plastik atau diolah menjadi bahan bakar untuk pembakaran dalam insinerator menggunakan teknik terbaik yang tersedia. Untuk botol plastik, Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikantriple-pembilasan, kemudian memenyok dan mengubur mereka (Rosendaal 1997, ch. 10)

4.1.4 Alternatif, hambatanuntuk menggunakandan instrumenkebijakanuntuk menghapushambatan

Strategi untuk pengurangan limbah dan alternatif yang tersedia untuk membuka pembakaran sebagian besar sama.

4.1.5 Teknik Pembakaran dan alat, dan sarana peningkatan

Film pertanian, sementara yang mudah terbakar, karena cara itu telah diproduksi, akan cenderung mencair dan menyusut. Untuk tujuan insinerasi bisa bergantung pada potongan-potongan untuk meningkatkan rasiopermukaan dan volume atau untuk menurunkan volume material. Suhu tinggi, pembakaran dengan ventilasi yang baik adalah mungkin, tetapi mungkin menantang dalam skala besar kalau film salah satu bahan dibakar.

Botol mungkin tidak terbakar dengan baik karena rasio mereka permukaan ke massa bahkan kering kering dan mudah terbakar. Bahan bakar alternatif mungkin diperlukan dan harus konsisten dengan materi umumbimbingan.

4.2 Ban

4.2.1 Komposisi Bahan

Ban adalah gabungan dari kopolimerstirena-butadiena atau karet alam, chloroprene, poliamida, kawat baja, karbon hitamdan berbagai anorganik dan organik dan bahan aditif lainnya. Ban mengandung klorin dengan konsentrasi rendah; mereka juga mengandung belerang yang signifikan, mirip dengan belerang batubara menengah, sebagai akibat darivulkanisasi. Sulphur menghambat pembentukan pencemar organik yang persistendalam pembakaran; probabilitas untuk generasi klorinasi POPs dalam limbah ini mungkin lebih rendah daripada sampah campuran. Namun, pembakaran sederhana dalam volume besar ban dalam keadaan terbukamerupakan sumber PCDD/PCDF dan pasti akan menjadi generator yang luar biasa bagi polutan berbahaya lainnya, termasuk SO2 dan hidrokarbon aromatik polisiklik.

4.2.2 Hambatan untuk eliminasi ; obat atau kebijakan untuk menghilangkan hambatan

Menghindari pembakarn ban secara alami( petir ) atau antropogenik . Penumpukan sejumlah ban cukup berbahaya, diantaranya sarana penyebaran penyakit serangga . Selain itu , mereka membutuhkan ruang besar. Pembakaran antropogenik ban dapat dan telah dilakukan untuk mengurangi salah satu dari masalah ini.

4.2.3 Strategi dan instrumen kebijakan untuk menghindari , mengurangi atau mengalihkanlimbah

Ban aus dapat di vulkanisir dan digunakan kembali dalam banyak hal. Teknologi modern telah memperpanjang hidup rata-rata ban dengan faktor sepuluh hingga tiga puluh tahun terakhir. Memanfaatkan ban denganmemperpanjang siklus hidupnya meminimalkan kebutuhan untuk pembuangan. Atau, mereka mungkin didaur ulang untuk berbagai keperluan, baik utuh atau sebagai bahan yang diparut. Secara umum, atau lebih baikdiparut, ban bisa dikubur. Namun, seluruh ban dan barang semacam itu seperti botol tidak dipecah mungkin cenderung mengapung ke permukaan kolam. Kumpulan ban di tanah pembuangan merupakan perusak pemandangan dan bahaya untuk mengendalikan serangga hama danpotensi pembakaran tidak terkendali.

4.2.4 Alternatif , hambatan untuk menggunakan dan instrumen kebijakan untuk menghapus hambatan

Limbah ban dapat digunakan kembali dalam keadaan utuh, diparut atau digiling menjadi bubuk. Ban diproses dapat digunakan dalam aspal termodifikasi dengan karet untuk bahan permukaan jalan. Dengan diparut bandan tanah juga telah dikompresi dan digunakan dalam bahan bangunan. Ban robek digunakan sebagai bahan bantalan untuk bermain. Selain itu, ban dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan untuk pembuatan artikel termasuk pagar, pembuatan karang, tanah pengendalian erosi, sandal, pengganjal pintu dan tempat sampah, bahwa sebagai komposit, karet bahan termostat daur ulang adalah tunduk pada batasan pemrosesan tertentu. Penggunaan seluruh ban di atas tanah harus mempertimbangkan dan mengurangi kecenderungan mereka untuk penampungan air dan sumber infeksi serangga.

Jika diparut dan seluruh ban harus dibakar dalam kiln semen, harus dilakukan di bawah kondisi pembakaran yang tepat dan operasi sesuai dengan teknik terbaik yang tersedia seperti dijelaskan di bagian V.B dari pedoman ini. Dengan demikian, kiln harus mengurangi produksi PCDD / PCDF dalam emisi udara terkait dengan teknik terbaik yang tersedia( < 0,1 ng I-TEQ/Nm3 ). Informasi bahan kimia yang tercantum dalam Lampiran C melalui debu kiln semen dan mungkin klinker telah dilaporkan, namun, dan saat ini masih terus diinvestigasi.

4.2.5 Teknik Pembakaran dan atribut , dan sarana peningkatan

Pemakaran terbuka ban menghasilkan pembentukan dan pelepasan bahan kimia yang tercantum dalam Lampiran C. Sebagai massa atau dalam kolam hampir tidak ada cara di mana pembakaran terbuka ban dapat diperbaiki; di samping itu, penyelesaian kebakaran skala besar hampir tidak mungkin dan mereka dapat membakar selama bertahun-tahun.

4.3 Tumpahan minyak dan semburan gas

4.3.1 Komposisi Bahan

Minyak mentah , gas alam dan gas terkait sebagian besar terdiri dari karbon dan hidrogen dengan jumlah konstituen yang lebih kecil dari oksigen, sulfur dan klor. Seperti yang ditemukan di alam, atau sebagai hasil dari teknik daur ulang, mereka juga mungkin mengandung garam atau air garam. Hal yang paling harus diperhatikan adalah pembakaran minyak tumpah di tanah yang mengandung garam atau bahan terklorinasi lain, atau air laut , atau pembakaran minyak terkontaminasi oleh air kesumur bor di dekat badan air garam. Minyak tumpah dari pipa bawah tanah telah dibakar untuk mengurangi potensi kontaminasi dari sungai beku ( Kruglov , Amirova dan Loshkina1996). Pembakaran terbuka minyak dari fasilitas lepas pantai dalam kondisi tertentu mungkin sumber emisi yang signifikan . Untuk tumpahan minyak disengaja, metode remediasi biologi mungkin berguna dalam beberapa situasi .

4.3.2 Hambatan untuk eliminasi ; obat atau kebijakan untuk menghilangkan hambatan

Hambatan eliminasi mencakup pertimbangan yang berkaitan dengan biaya, kenyamanan dan keamanan, dan kurangnya pemulihan atau pembuangan alternatif metode.

4.3.3 Strategidan instrumen kebijakan untuk menghindari, mengurangi atau mengalihkan limbah

Pembakaran gas adalah umum. Sejauh ini adalah masalah limbah dan bukan salah satu dari pemulihan dari kecelakaan, prosedur yang lebih baik untuk menangani bahan atau pemulihan untuk dijual dapat meningkatkan kinerja normal.

Views: 2294