Webinar Launching Pertemuan Para Pihak Ke-4 (COP-4) Konvensi Minamata Tentang Merkuri di Indonesia

Pada Selasa, 10 Agustus 2021, diadakan Launching Pertemuan Para Pihak Ke-4 (COP-4) Konvensi Minamata Tentang Merkuri di Indonesia yang ditayangkan melalui Zoom Video Conference, dihadiri oleh Wakil Menteri LHK dan Direktur Jenderal Kerjasama Luar Negeri serta diikuti oleh seluruh stakeholder yang meliputi instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi industri, perguruan tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan UN Agency terkait.

Launching dibuka oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3), Ibu Rosa Vivien Ratnawati yang juga sekaligus sebagai Presiden COP-4 Konvensi Minamata. Dalam sambutannya, Ibu Vivien menekankan pentingnya sinergi dari seluruh pihak terkait, terutama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan Rencana Aksi Nasional/Daerah Pengurangan dan Penghapusan Merkuri (RAN/RAD PPM) bagi tercapainya target yang telah ditetapkan.

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan the 4th Conference of the Parties (COP-4) to the Minamata Convention on Mercury pada tahun 2021 merupakan hasil dari pertemuan the 3rd Conference of the Parties (COP-3) to the Minamata Convention on Mercury yang telah dilaksanakan di Jenewa pada November 2019.

COP to the Minamata Convention on Mercury adalah pertemuan pengambilan keputusan dan evaluasi terhadap respons masyarakat internasional dalam menghadapi dampak penggunaan, emisi dan lepasan merkuri terhadap kesehatan manusia dan ke lingkungan hidup dengan cara melarang adanya pertambangan primer merkuri, mengatur perdagangan merkuri, membatasi hingga menghapuskan penggunaan merkuri, mengendalikan emisi dan lepasan merkuri serta mendorong pengelolaan limbah mengandung merkuri yang ramah lingkungan.

Pertemuan COP-4 rencananya akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali dan akan dihadiri sekitar 130 negara, badan-badan internasional di bawah PBB, akademisi, industri, dan komunitas masyarakat yang bergerak di bidang merkuri. Namun, mengingat situasi dan kondisi pandemi saat ini maka berdasarkan keputusan Biro COP-4, penyelenggaraan COP-4 Konvensi Minamata yang akan dilaksanakan dalam 2 fase, yaitu secara online pada 1-5 November 2021 dan secara offline akan dilaksanakan di Bali pada Maret 2022. 

Informasi lebih lanjut mengenai COP-4 Minamata Convention bisa diakses melalui website https://cop4minamata.menlhk.go.id/

Untuk video pelaksanaan acara launching bisa diakses di https://www.youtube.com/watch?v=SG0UVfFF-vs

merkuri klhk hapusmerkuridaribumipertiwi ditjenpslb3 ditpb3 mercury COP-4 Minamat Convention makemercuryhistory

Views: 80