Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan PCBs Management Plan

Yogyakarta, 18 Agustus 2022—Melalui program kerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan the United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan the Global Environment Facility (GEF) melaksanakan “Project Introduction of an Environmentally-sound Management and Disposal System for PCB-Wastes and PCB-Contaminated Equipment” atau Proyek PCBs. Salah satu outputnya adalah penyusunan PCBs Management Plan tingkat nasional yang telah berhasil disusun pada tahun 2021. Dokumen PCBs Management Plan tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah Indonesia dari tingkat pusat hingga daerah, dan juga perusahaan atau pelaku usaha pemilik transformator dalam melaksanakan inventarisasi dan identifikasi minyak transformator yang mengandung PCBs untuk mencapai Indonesia bebas PCBs tahun 2028.

KLHK bekerjasama dengan UNIDO menyelenggarakan workshop dan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan PCBs Management Plan untuk setiap proses bisnis di internal PT PLN (Persero) selama tiga hari mulai tanggal 16-18 Agustus 2022 di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang telah dilaksanakan pada 12-13 Mei 2022 di Bengkulu dalam lingkup yang lebih luas. Workshop dan FGD ini dihadiri oleh KLHK, UNIDO, dan internal PT PLN (Persero) yang meliputi Unit Induk Distribusi (UID), Unit Induk Transmisi (UIT), Unit Induk Pembangkitan (UIP), dan Unit Induk Wilayah (UIW) se-Indonesia serta anak Perusahaan PLN, yaitu PT Indonesia Power, PT Pembangkitan Jawa-Bali, PT PLN Batam, dan PT MCTN.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari General Manager PLN UIT JBT, yang diwakilkan oleh Manager K3L PLN UITJBT, Bapak Subroto dan resmi dibuka oleh Direktur Pengelolaan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Yulia Suryanti, S.Si., M.Sc.. Hari pertama dimulai dengan penyampaian materi oleh Kepala Subdirektorat Penghapusan B3, Ibu Upik Sitti Aslia, S.T., M.Sc., EVP K3L PLN, yang diwakilkan oleh Manager Pengelolaan Limbah B3 dan Non B3 PT PLN (Persero), Bapak Asep Saepudin, National Technical Adviser PCBs Project UNIDO, Bapak Rio Deswandi, PhD, dan National Technical Manajer UNIDO, Bapak Abdul Sialana selaku moderator.

Hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terkait strategi dan teknologi yang akan digunakan dalam pengelolaan PCBs dengan Bapak Rio sebagai fasilitator. Kegiatan diskusi diselingi dengan mini games sebagai pemecah suasana sekaligus untuk mengukur pemahaman peserta. Saat presentasi, setiap grup juga mendapatkan masukan dari Ibu Direktur PB3 dan Kasubdit Penghapusan B3 antara lain untuk prosedur pengangkutan dan opsi teknologi di pihak ketiga. Hari terakhir kegiatan dilanjutkan dengan penyelesaian draft PCBs Management Plan oleh masing-masing proses bisnis. Rangkaian kegiatan workshop dan FGD diakhiri dengan penutupan dari Ibu Upik selaku perwakilan dari KLHK, Bapak Rio perwakilan dari UNIDO, dan Bapak Asep selaku perwakilan dari PT PLN (Persero) dengan harapan yang sama bahwa Management Plan dapat segera diselesaikan sehingga hal ini dapat menjadi acuan bagi industri lainnya. 

klhk b3 POPs ditpb3 unido pcbs pln pcbsmanagementplan pengelolaanb3

Views: 46