MERKURI DALAM PRODUK

Merkuri yang terkandung dalam produk seringkali tidak diketahui oleh masyarakat luas, sehingga masyarakat juga akan sangat mudah terpajan merkuri. Contoh yang paling nyata adalah bagaimana masyarakat menyimpan lampu neon Compact Fluorescent Light (CFL) bekas dengan kurang hati-hati, bahkan menjadi mainan anak-anak sehingga menjadi pecah dan melepaskan merkuri yang ada didalam bola lampu. Merkuri yang lepas sangat mungkin terhirup dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Gambar: Pengumpulan Lampu CFL Bekas

Sumber: KLHK

Jika dirumah terdapat produk yang mengandung merkuri maka kita harus tahu bagaimana cara aman menangani dan menyimpannya, cara aman membuangnya ketika tidak lagi dibutuhkan, dan apa yang harus dilakukan jika merkuri terlepas dari produk seperti misalnya CFL atau termometer yang rusak. Untuk itu kita perlu mengetahui produk apa saja yang dapat mengandung merkuri sehingga dapat lebih berhati-hati dalam penggunaannya.

Produk apa saja yang dapat mengandung merkuri?

Barang Antik

Barang yang tergolong barang antik yaitu benda menarik yang sudah berusia tua, seperti senjata, barang seni, maupun perabotan rumah tangga. Beberapa barang antik seperti barometer dan jam pendulum menggunakan merkuri.

Barometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan atmosfer. Karena tekanan atmosfer berubah dengan jarak di atas atau di bawah permukaan laut, barometer juga dapat digunakan untuk mengukur ketinggian.

Pada produk tersebut perlu dipastikan tidak ada keretakan atau kebocoran. Jika memungkinkan, komponen yang mengandung merkuri perlu diganti. Saat memindahkannya, tangani dengan hati-hati untuk mencegah merkuri tumpah. Jauhkan komponen mengandung merkuri dari jangkauan anak-anak.

Sumber : https://www.britannica.com/technology/barometer#re...

Jam kristal pada awalnya dilengkapi dengan pendulum merkuri. Pendulum dirancang untuk mengimbangi perbedaan temperatur. Ketika logam menjadi hangat, maka terjadi pengembangan. Merkuri yang tertutup dalam vial tidak akan mengembang tetapi menjadi naik. Hal ini menjaga pusat dari osilasi (goyangan) menjadi konstan.

Sumber: https://denhams.com/lots/search/Mercury%20pendulum%20clock, pukul 8.41 4 des 2018

Foto di bawah ini contoh pendulum jenis merkuri berbentuk slug dan berbentuk botol.

Sumber: https://www.medfordclock.com/merc.htm

Peralatan Rumah Tangga

Perangkat listrik model lama termasuk peti pendingin (chest freezer), pemanas ruangan, pengering pakaian, setrika pakaian, dan mesin cuci mungkin menggunakan saklar merkuri untuk menghidupkan atau mematikan perangkat, atau menyalakan atau mematikan lampu.

Peralatan berbahan bakar gas, termasuk oven, pemanas air, tungku dan peralatan di beberapa kendaraan rekreasi, mungkin mengandung merkuri. Untuk peralatan dengan model lama mungkin memiliki pilot sensor cahaya yang mengandung merkuri. Jika ingin mengetahui apakah peralatan dengan model yang dimiliki mengandung merkuri atau tidak, ada baiknya menghubungi pabrik pembuat.

Suku Cadang

Mobil yang diproduksi sebelum tahun 2003 mungkin mengandung saklar merkuri atau relay. Saklar adalah perangkat yang membuka atau menutup sirkuit listrik, atau katup cair atau gas. Digunakan pada bagian bagasi dan kap mobil, jendela belakang mobil yang terkena panas, sensor untuk kantong udara dan sabuk pengaman dan sistem pengereman anti-lock. Relay pada otomotif adalah produk atau perangkat yang membuka atau menutup kontak listrik untuk mengontrol pengoperasian perangkat lain di sirkuit listrik yang sama atau yang lain. Relay merkuri digunakan sebagai saklar atau kontaktor arus tinggi.

Gambar: Closed mercury relay

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Mercury_relay, pukul 6.31 tanggal 4 Desember 2018

Baterai

Tidak semua baterai mengandung merkuri. Produsen menggunakan merkuri dalam baterai untuk mencegah penumpukan gas internal yang dapat menyebabkan baterai membengkak dan bocor. Penggunaan merkuri dalam baterai telah menurun tajam. Kemungkinan jenis baterai yang masih mengandung merkuri adalah button cell batteries dan mercury oxide batteries.

Button cell batteries merupakan baterai mini berbentuk bundar. Baterai ini digunakan dalam perangkat elektronik kecil portabel seperti jam tangan, kamera, termometer digital, kalkulator dan mainan. Baterai seng udara dan seng-perak oksida mengandung sejumlah kecil merkuri.Merkuri dalam baterai ini dapat lepas ke lingkungan setelah dibuang dan dibakar di tempat pembuangan akhir.

Mercuric oxide batteries diproduksi untuk peralatan militer dan medis yang membutuhkan pemakaian yang stabil dan masa pakai panjang.

Sumber: http://www.simages.org/mercury-oxide-chemical-formula/ pukul 6.23 tanggal 4 Desember 2018.

Dental Amalgam

Amalgam gigi adalah bahan berwarna perak yang digunakan untuk menambal pada gigi yang berlubang. Amalgam gigi terbuat dari dua bagian yaitu merkuri cair, dan bubuk yang mengandung perak, timah, tembaga, seng dan logam lainnya. Amalgam adalah salah satu tambalan gigi yang paling umum digunakan, dan pada awalnya dianggap sebagai cara perawatan yang aman, sehat, dan efektif untuk kerusakan gigi.

http://www.smile-onnews.com/news/view/dental-amalgam-leads-to-higher-levels-of-urinary-mercury, pukul 6.41 tanggal 4 Des 2018

Elektronik

Merkuri digunakan dalam layar LCD dan monitor, juga digunakan dalam penutup layar laptop. Televisi yang diproduksi sebelum 1991 juga dapat mengandung saklar merkuri.

Bola Lampu

Jenis bola lampu yang mengandung merkuri antara lain compact fluorescent light (CFL), high intensity discharge (HID), lampu ultraviolet, lampu neon.

Gambar: Bola Lampu CFL

https://www.lighting-spot.com/fluorescent/4-pin-pl...

http://www.globalmarket.com/sourcingtips/lighting/...

Peralatan Medis dan Farmasi

Merkuri dalam jumlah sangat kecil digunakan sebagai bahan pengawet atau antibakteri pada sejumlah produk farmasi, antara lain antibiotik; manset tekanan darah; larutan lensa kontak; amalgam gigi; diuretik; tetes telinga dan mata; salep mata; salep pereda wasir; Mercurochrome; semprot hidung; dan termometer. Penggunaan produk farmasi ini perlu memperoleh panduan dari tenaga medis.

Krim Kulit

Krim kulit yang mengandung merkuri pada umumnya digunakan pada krim yang berfungsi untuk mencerahkan kulit atau berbintik. Menggunakan krim kulit yang mengandung merkuri dapat menyebabkan ruam kulit atau keracunan, karena merkuri dapat terserap melalui kulit.

Peralatan Olahraga

Unit penekan recoil senapan dapat mengandung merkuri untuk menyerap dan meredam goncangan. Merkuri juga digunakan dalam stabilisator di busur panahan, dan di sakelar dalam lampu tip-up memancing.

Gambar: Recoil Senapan

Sumber:https://www.midwayusa.com/product/1005280770/graco...

Termometer

Dalam termometer raksa, tabung gelas diisi dengan merkuri dan diberikan tanda skala suhu pada tabung. Dengan perubahan suhu, merkuri mengembang dan berkontraksi, dan suhu dapat dibaca dari skala. Termometer merkuri dapat digunakan untuk menentukan suhu tubuh, cairan, dan uap. Termometer merkuri digunakan di rumah tangga, eksperimen laboratorium, dan aplikasi industri.

Gambar: Termometer mengandung merkuri

Sumber:http://notions-english-disciple.blogspot.com/2012/...

Thermostat

Termostat merkuri kemungkinan tidak akan pecah atau bocor saat digunakan, tetapi peralatan harus dibuang dengan benar ketika diganti. Termostat non-merkuri sudah tersedia secara komersial.

Gambar: Termostat

Sumber: https://www.hazwastehelp.org/mercury/thermostat.as...

Vaksin

Merkuri digunakan dalam jumlah sangat kecil pada vaksin Thimerosal yang berperan sebagai pengawet. Penggunaan vaksin tersebut dapat dikonsultasikan kepada tenaga medis.

Pengaturan Produk Mengandung Merkuri Dalam Konvensi Minamata

Konvensi Minamata mengenai Merkuri telah mengatur produk-produk mengandung merkuri. Setiap Negara pihak Konvensi Minamata wajib mengambil langkah dalam pengaturan produksi, impor ataupun ekspor termasuk penghentian penggunaan produk yang mengandung merkuri sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dan secara lengkap diatur pada Pasal 4 dalam Konvensi.

Pasal 4 Konvensi Minamata diyatakan bahwa produk mengandung merkuri adalah suatu produk atau komponen produk yang mengandung komponen merkuri atau senyawa merkuri yang dengan sengaja ditambahkan kedalamnya.

Setiap negara Pihak untuk melarang produksi, impor, ataupun ekspor produk-produk mengandung merkuri sebagaimana pada Bagian I dari Lampiran A setelah masa penghentian, kecuali terdapat penetapan pengecualian atau negara Pihak mengajukan pengecualian.

Produk-Produk Mengandung Merkuri Tanggal Penghentian
Baterai, kecuali baterai seng-perak oksida berbentuk bundar dengan kandungan merkuri < 2% serta baterai seng udara berbentuk bundar dengan kandungan merkuri < 2%. 2020
Switch dan relay, kecuali untuk jembatan pengukur kapasitansi dan kehilangan yang memiliki akurasi sangat tinggi, serta switch radio berfrekuensi tinggi serta relay pada instrumen pengawas dan pengendali dengan kandungan merkuri maksimum 20 mg per jembatan, switch, atau relay. 2020
Lampu fluoresen kompaksi (compact fluorescent lamp - CFL) untuk keperluan penerangan umum ≤ 30 W, dengan kandungan merkuri > 5 mg per penyuluh lampu. 2020
Lampu fluoresen linear (linear fluorescent lamps - LFL) untuk keperluan penerangan umum:
a.Triband phosphor < 60 W dengan kandungan merkuri > 5 mg per lampu;
b.Halophosphate phosphor ≤ 40 W dengan kandungan merkuri > 10 mg per lampu.
2020
Lampu uap merkuri betekanan tinggi (highpressure mercury vapour lamp - HPMV) untuk keperluan penerangan umum. 2020
Merkuri pada lampu fluoresen katoda dingin (cold cathode fluorescent lamps - CCFL) dan lampu fluoresen katoda eksternal (external electrode fluorescent lamps - EEFL) untuk displai elektronik:
a.Berukuran pendek (≤ 500 mm) dengan kandungan merkuri > 3,5 mg per lampu;
b.Berukuran sedang (> 500 m dan ≤ 1.500 mm) dengan kandungan merkuri > 5 mg per lampu;
c.Berukuran panjang (> 1.500 mm) dengan kandungan merkuri > 13 mg per lampu.
2020
Kosmetika (dengan kandungan merkuri di atas 1 ppm), termasuk sabun dan krim pencerah warna kulit. Tidak termasuk kosmetika untuk bagian mata yang menggunakan merkuri sebagai pengawet, dan tidak tersedia pengawet pengganti yang efektif dan aman. 2020
Pestisida, biosida, dan antiseptik topikal. 2020
Perangkat pengukur non-elektronik berikut ini, kecuali perangkat pengukur non-elektronik yang terpasang pada peralatan berskala besar, atau yang digunakan untuk pengukuran dengan presisi tinggi, apabila tidak tersedia alternatif bebas merkuri yang sesuai:
a.Barometer;
b.Hygrometer;
c.Manometer;
d.Thermometer;
e.Sphygmomanometer.
2020

Selain itu dalam Konvensi Minamata juga memandatkan kepada negara Pihak untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi secara bertahap penggunaan amalgam gigi dengan mempertimbangkan kondisi dalam negeri.

Dengan adanya kesepatakan internasional untuk menghapuskan penggunaan merkuri, berbagai produsen produk mengandung merkuri mulai mengembangkan produk yang sama tanpa merkuri, misalnya menggantikan termometer merkuri dengan thermometer digital non raksa, lampu fluorescent yang menggunakan merkuri diganti dengan lampu LED (light emitting diode).

Namun demikian diatur juga produk-produk yang dikecualikan dari Lampiran yang dikelompokkan dalam:

a)Produk-produk yang penting untuk penggunaan perlindungan sipil dan keperluan militer;

b)Produk-produk untuk penelitian, kalibrasi instrumen, digunakan sebagai standar referensi

c)Apabila tidak tersedia alternatif bebas merkuri yang layak digunakan untuk menggantikan: switch dan relay, cold cathode fluorescent lamps (CCFL) dan external electrode fluorescent lamps (EEFL) untuk display elektronik, dan perangkat pengukur;

d)Produk-produk yang digunakan dalam praktik-praktik tradisional atau religius; dan

e)Vaksin-vaksin yang mengandung thiomersal sebagai bahan pengawet.


Daftar Pustaka:

1.Konvensi Minamata tentang Merkuri

2.https://www.epa.gov/mercury/mercury-consumer-products

3.https://en.wikipedia.org/wiki/Mercury_relay

4.http://www.simages.org/mercury-oxide-chemical-form...

merkuri b3 stoppenggunaanmerkuri hapusmerkuridaribumipertiwi

Views: 4333