FGD Pengembangan SIB3POP Bersama Mitra Kerjasama

FGD Pengembangan Sistem Informasi B3 dan POP Bersama Mitra Kerjasama

Pada hari Selasa, 27 Oktober 2015 kemarin, Pusat Teknologi Lingkungan-BPPT telah menyelenggarakan focus group discussion (FGD) Pengembangan Sistem Informasi Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) & Polutan Organik yang Persisten (POP) yang bertempat di Ruang VIP, Gedung II BPPT, Jl. MH. Thamrin, Jakarta. Acara FGD tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan-masukan dari Kementerian dan Lembaga terkait mengenai Sistem Informasi Bahan Berbahaya dan Beracun & Polutan Organik yang Persisten (SIB3POP) yang sedang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Lingkungan-BPPT bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Acara tersebut dihadiri oleh Perwakilan dari Kementerian dan Lembaga terkait, yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Pusat Teknologi Lingkungan, Dr. Joko Prayitno Susanto, M.Eng. yang menjelaskan latar belakang program pengembangan SIB3POP sesuai dengan implementasi dari Konvensi Stockholm. Selain itu juga disampaikan bahwa BPPT memerlukan dukungan dan masukan dari setiap instansi dalam rangka pengembangan Sistem Informasi B3 & POP, karena BPPT tidak bisa sendirian dalam pengembangan sistem informasi tersebut terutama dalam hal pengisian konten. SIB3POP bertujuan sebagai sarana edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat akan bahaya B3 dan POP dan diharapkan sistem informasi ini menjadi situs resmi pemerintah dalam penyedian informasi tentang B3 & POP untuk menunjang implementasi National Implementation Plan (NIP) tentang POP di Indonesia.

Disampaiakn paparan progres pengembangan dan konten Sistem Informasi Bahan Berbahaya dan Beracun dan Polutan Organik yang Persisten (SI B3 & POP) disampaikan oleh koordinator kegiatan, Heru Dwi Wahyono, B.Eng, M.Kom. Beliau adalah peneliti utama bidang sistem informasi dan komputer di Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT. Selain itu juga dipaparkan hasil pengembangan SIB3POP dari tim programmer dari BPPT yaitu Aji Pamungkas, S.Kom. dan Dedhy Fajar H., S.Kom.. Pada sesi diskusi FGD tersebut yang dipandu oleh Bapak Ir. Petrus Nugro Rahardjo, M.Si., masing-masing perwakilan kementerian dan lembaga yang dihadir diminta tanggapan dan masukkannya terkait hasil pengembangan SIB3POP yang telah dilakukan.

Dari hasil dari FGD ini, diharapkan masing-masing Kementerian dan Lembaga yang terkait dengan B3 & POP dapat memberikan informasi yang dapat ditampilkan sebagai konten dalam sistem informasi B3 & POP tersebut. Tim Kerja akan dibentuk dan disiapkan SK nya dari KLHK yang ke depannya dapat dilakukan pemutakhiran secara kontinyu oleh masing-masing anggota dari Kementerian dan Lembaga terkait.

Views: 531