Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Pembangunan Fasilitas Pengolahan Emas Non Merkuri pada Kegiatan PESK

Jakarta (15/5), Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama dengan beberapa Pemerintah Kabupaten Daerah tentang pengurangan dan penghapusan merkuri pada Pertambangan Emas Skala Kecil. Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen PSLB3 @rosavivienratnawati, Dir. PB3 @yuninsiani, yang dilaksanakan di Hotel Santika, Jakarta.

Penyediaan Fasilitas Pengolahan Emas non merkuri pada kegiatan Pertambangan Emas Skala Kecil akan dibangun di 3 kabupaten yaitu Kab. Pulang Pisau, Kab. Pohuwato, dan Kab. Halmahera Selatan.

Dirjen PSLB3 dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antarapemerintah pusatdengan pemerintah daerah terkait penanganan merkuri. Merkuri adalah isu yang nyata dan Indonesia telah meratifikasi Konvensi Minamata dalam UU No 11 Tahun 2017. Sebagai tindaklanjut dari undang-undang tersebut adalah telah disahkan pada tanggal 26 April 2019 Peraturan Presiden No 21 Tahun 2019 Tentang Rencana Aksi Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri.

Daerah yang memiliki potensi emas yang baik, mau tidak mau harus dapat dikelola sesuai dengan ketentuan dan dimanfaatkan dengan baik dikarenakan masyarakat membutuhkan hal itu.Praktek pengolahan emas oleh masyarakatdenganlimbah yang cukup banyak, diperlukan pengendalian pada bagian hulunya, yaitu dengan cara melakukan pengolahan emas dengan tidak menggunakan merkuri serta mengelola limbahnya secara ramah lingkungan agar dapat mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

Dengan demikian kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup danKehutanan dalam pembangunan pilot proyek di tiga kabupaten akan dijadikan contoh bagaimana pengolahan emastanpa merkuri dapat menjadi solusi untuk menjaga keseimbangan antara kepentinganekonomi yang harus tetap berjalan, lingkungan hidup dapat dilindungi termasuk juga untuk menjaga kesehatan para penambang itu sendiri dari bahaya merkuri.

                                                   #ditpb3#ditjenpslb3 #klhk #minamata #stoppenggunaanmerkuri #hapusmerkuridaribumipertiwi

Views: 333