Penyusunan SKP Tahun 2017

Pada tanggal 16 Desember 2016 di Ruang ADIPURA Gd A Lt 1-KLHK dilaksanakan Sosialisasi Penyusunan SKP dari Biro Kepegawaian dan Organisasi KLHK untuk lingkup Direktorat Pengelolaan B3. Kegiatan tersebut  dihadiri oleh Direktur beserta seluruh pejabat jajaran Eselon 3 dan Eselon 4 beserta staf .

Kegiatan ini dilaksanakan atas mandate dari PP No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, Perka BKN No. 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP 46 Tahun 2011, Perpres No. 85 Tahun 2016 tentang Tunkin di Lingkungan KLHK serta Surat MENPAN No. B/2810/M.PAN-RB/08/2016 tanggal 15 Agustus 2016 Tentang Penilaian Prestasi Kerja. Perwakilan Biro Kepegawaian dalam  paparannya juga  menjelaskan tentang hasil evaluasi Reformasi Birokrasi terkait Penetapan Kinerja Individu dan Kinerja Organisasi KLHK yang harus menjadi bahan pertimbangan peningkatan kinerja pegawai diantaranya adalah: 1) hasil penilaian masih rendah, 2) terdapat pegawai yang belum membuat SKP, 3) belum dilakukan evaluasi kinerja individu

dan organisasi, 4) pengukuran kinerja belum dilakukan secara periodik (semesteran, triwulan, bulanan, harian), dan 5) penilaian kinerja individu belum dijadikan dasar untuk pembayaran tunjangan kinerja.

Dalam sosialisasi tersebut juga disampaikan tentang tatacara penyusunan SKP, prinsip penyusunan, target SKP, pelingkupan penyusunan, ketentuan kriteria penilaian SKP dan prestasi kerja pegawai, serta format dan tatacara perhitungan. Juga diinformasikan pengenalan tentang konsepsi Penerapan E-Kinerja dan Evaluasi Kinerja dengan Metode CASCADING yang kemungkinan akan diterapkan secara bertahap untuk tahun kedepan. Pada sosialisasi tersebut juga diperkenalkan tentang Aplikasi D.E.S (Daily Evaluation System) yaitu aplikasi yang dibangun oleh Badan Kepegawaian Negara untuk digunakan oleh Pegawai Negeri Sipil dalam mengukur Kinerja pegawai setiap bulan berdasarkan laporan harian dalam rangka peningkatan kualitas Reformasi Birokrasi di KLHK untuk mendukung optimalisasi  peningkaan kinerja menjadi lebih efektif dan efisien sehingga tujuan pembangunan dapat tercapai dan dirasakan oleh masyarakat atau dengan kata lain adanya perbaikan pelayanan bagi masyarakat.

Direktur Pengelolaan B3 menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh pejabat jajaran Es III dan IV beserta staf untuk memulai menyiapkan penyusunan SKP tahun 2017 dengan Metode CASCADING secara bersama-sama didukung oleh uraian tugas dan fungsi, rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan RKA-KL DIPA TA 2017 serta mengacu kepada Renstra dan Renja KLHK dalam upaya peningkatan produktifitas pegawai pada Unit Kerja Direktorat Pengelolaan B3 kedepan.

Photos


Views: 1054