Pertemuan Teknis Mitra SIB3POP

Pertemuan Tim Teknis Mitra Sektor SIB3POP, diselenggarakan pertama kali tanggal 27 April tahun 2017 di Hotel Aston Bekasi  melibatkan beberapa sektor terkait wakil dari internal KLHK (Dit. Pengelolaan B3, P3KL, Pusdatin), BPPT, Kementerian Perindustrian, PIOM-BPOM, BPS,  Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, dan BPS.

Tujuan pertemuan ini adalah: 1) mengoptimalkan  tugas dan fungsi KLHK, khususnya dalam pelaksanaan publikasi Rencana Aksi Nasional terhadap Penanggulangan B3-POP (NIP POP tahun 2015), 2) edukasi dan pertukaran data dan informasi publik dalam rangka pelaksanaan UU No. 19 Tahun 2009 tentang Pengesahan Konvensi Stockohlm tentang Bahan Pencemar Organik yang Persisten dan UU No. 10 Tahun 2013 tentang Pengesahan Konvensi Rotterdam tentangProsedur Persetujuan Atas Dasar Informasi Awal Untuk Bahan untuk Bahan Kimia dan Pestisida tertentu dalam Perdagangan Internasional.  Atas dasar tersebut pelaksanaan kegiatan ini perlu bekerja sama dengan instansi / lembaga lain yang juga melaksanakan kegiatan serupa yang berhubungan dengan B3 dan POPs.

Harapan output pertemuan ini diantaranya: 1) tersosialisasikannya pengukuhan Kep. Dirjen PSLB3 KLHK No. SK-5/PSLB3/PB3/PLB.1/3/2017 tentang Tim Pengelola Sistem Informasi Tatakelola B3 dan POP untuk TA 2017, 2) Adanya masukan intensif  Tim  terhadap update/pemutakhiran  data dan informasi SIB3POP serta penulisan artikel-artikel terkait lainnya.

Views: 513