Pertemuan Teknis Pengelolaan B3 Sektor MJKP & PEM

Pertemuan Teknis Pengelolaan B3 Sektor MJKP & PEM diselenggarakan pada tanggal 01 Desember 2016 oleh unit kerja Direktorat Pengelolaan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan saran dan masukan dari pakar mengenai beberapa aspek pengelolaan B3 seperti identifikasi B3, dampak B3 dan limbah B3 terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Disampaikan juga beberapa hasil studi ataupun monitoring yang sudah dilakukan baik terhadap media lingkungan maupun manusia yang mengkonfirmasi mengenai bahaya yang timbul sebagai akibat dari pengelolaan B3 yang tidak dilakukan dengan baik.

Peserta pertemuan teknis terdiri dari perwakilan staf dari masing-masing sub direktorat (Subdit Konvensi, Subdit Pengendalian B3, Subdit Inventarisasi Penggunaan B3, dan Subdit Penanganan B3. Sedangkan narasumber yang hadir memberikan materi adalah Dr. Agus Haryono dari Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Dr. Drs. Ignatius Wahyu Marjaka, MEng. Dari Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan(P3KLL).

Materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tersebut mencakup: 1) Arahan dari Kasubdit Inventarisasi Penggunaan B3 KLHK 2) Paparan dari Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI terkait identifikasi B3 dari perspektif Konvensi Stockholm dan Konvensi Rotterdam 3) Paparan dari Kepala P3KLL tentang B3 dan limbah B3 serta dampaknya bagi lingkungan dan kesehatan manusia 4) diskusi dan 5) penutupan.

Views: 1019