TOT Sistem Informasi B3 dan POP (SIB3POP)

TOT “SIB3POP” ini diselenggarakan pada tanggal 18 Januari 2016 atas prakaarsa Direktorat Pengelolaan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerjasama dengan BPPT. Tujuan kegiatan ini adalah: 1) Memberikan pengetahuan tentang flow proses dan struktur data dan informasi tentang SIB3POP, 2) Memberikan pelatihan tatacara pengisian dan update CMS (Content management System),dan 3) Meningkatkan kinerja pelaksanaan pengelolaan data dan informasi direktorat pengelolaan B3.

Pelaksanaan TOT SIB3POP

Sasaran yang diharapkan adalah: a) Meningkatnya kapasitas SDM internal dalam hal pengetahuan tentang flow proses dan struktur data dan informasi tentang SIB3POP, b) Meningkatnya kemampuan untuk pengisian dan update CMS (Content management System), dan c) Terwujudnya pengorganisasi pengelolaan portal website: SIB3POP untuk kapasitas user maupun administrator, dan d) Terwujudnya perbaikan kinerja dalam pengelolaan data dan informasi Direktorat Pengelolaan B3.

Peserta TOT terdiri dari staf yang menangani data dari masing-masing sub direktorat (Subdit Konvensi, Subdit Pengendalian B3, Subdit Inventarisasi Penggunaan B3, dan Subdit Penanganan B3. Total jumlah peserta TOT yang hadir sebanyak 10 (Sepuluh) orang dari KLHK dan 6 (enam) tutor dari BPPT.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan TOT tersebut mencakup: 1) Konsepsi, struktur data serta bisnis proses website “SIB3POP”, 2) Penjelasan CMS (Content management System),3) Tatacara pengisian dan update CMS serta 4) Pengorganisasin pengembangan dan pengelolaan website kedepan.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwujudnya pengorganisasian pengelolaan portal SIB3POP dengan kapasitas operator SDM internal yang memadai dalam melakukan input, update dan penyajian data dan informasi pengelolaan B3.

Views: 836