​VIDCON FOCUS GROUP DISCUSSION MENGENAI PCBS MANAGEMENT PLAN

Rabu (18/11/2020), Direktorat Pengelolaan BE bekerjasama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan PT Petrolab Services memfasilitasi Virtual Meeting Focus Group Discussion PCBs (Polychlorinated biphenyls) Management Plan. Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan masukan terhadap pengelolaan dan rencana phasing out PCBs pada 2028 bagi pemangku kebijakan dan industri, khususnya oleh PT PLN. FGD dihadiri oleh National Project Manager (NPM) UNIDO, PT PLN Pusat, PT PLN Pusat Sertifikasi, PT Petrolab Services, dan Internal Direktorat Pengelolaan B3, KLHK.

Hasil pembahasan pada FGD ini, antara lain:

Komitmen dan aksi nyata menjadi landasan penting bagi para pemangku kebijakan pemerintah dan industri dalam memproses draft regulasi Penghapusan PCBs yang sedang berlangsung saat ini dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak. Perlu adanya koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait sehingga tersedia regulasi secara menyeluruh.

Saat ini PT PLN sudah memulai penyiapan kompetensi SDM, penyediaan SOP, penguatan kelembagaan unit pengelola K3 dan lingkungan, inventarisasi & pengujian PCBs di laboratorium, namun masih terkendala dalam ketersediaan jasa pengangkutan limbah PCBs, penyimpanan dan aspek penganggaran yang memadai. Melalui FGD ini, PT PLN mengusulkan adanya pengelolaan lanjutan terhadap trafo dan minyak trafo yang terkontaminasi PCBs dilengkapi penyediaan fasilitas TPS limbah PCBs dan pengembangan sIstem pengelolaan limbah PCBs secara onsite dilengkapi infrastruktur yang memadai.

Kegiatan ini diharapkan menjadi titik tolak upaya penguatan kesiapan berbagai pihak dalam menyongsong rencana penghapusan PCBs di Indonesia tahun 2028 nanti.

pcb klhk ditpb3 ditjenpslb3 hapuspcbsdaribumipertiwi

Views: 233