Vidcon Konsultasi Rencana Kegiatan Pengarus Utamaan Gender (PUG) pada PESK

Jumat (10/07/2020), Direktorat  Pengelolaan B3-KLHK menyelenggarakan Pembahasan Rencana Kegiatan Pengarus Utamaan Gender (PUG) melalui daring Vidcon yang dihadiri oleh Direktur Pengelolaan B3 KLHK, Focal Point Gender KLHK, Focal Point Gender BPPT, Praktisi Kesetaraan Gender, perwakilan dari Kementerian PPA, serta GOLD-ISMIA Project Management Unit.

Meski telah berkontribusi secara positif terhadap pertumbuhan ekonomi, namun Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) dianggap sebagai kegiatan usaha yang menimbulkan kerusakan lingkungan yang serius. PESK banyak yang tidak atau belum menerapkan prinsip-prinsip “Praktik Penambangan yang Baik” (Good Mining Practices) dalam hal kesehatan, keselamatan dan lingkungan dalam kegiatan penambangannya, seperti halnya  masih meluasnya penggunaan merkuri pada kegiatan ekstraksi emas.

Dalam praktik PESK, perempuan menjadi aktor vital, dimana PESK telah memberikan peluang bagi perempuan untuk berkontribusi pada perekonomian keluarga dan pengembangan komunitas lokal mereka, namun perempuan penambang yang terlibat dalam kegiatan PESK belum sepenuhnya mendapat manfaat terhadap akses permodalan, informasi, pendidikan dan pelatihan.

Dari pembahasan tersebut disimpulkan bahwa adanya desa responsif gender di suatu desa di Kuantan Singingi (Prov. Riau) – salah satu lokasi proyek, merupakan sebuah peluang untuk kerjasama ke depannya antara KLHK, BPPT, KPPA, dan GOLD-ISMIA untuk mengintegrasikan gender yang dituangkan dalam kebijakan dan implementasi kegiatan seperti penerapan teknologi pengolahan emas non merkuri yang berperspektif gender yang dibutuhkan oleh masyarakat penambang setempat.

Untuk mendukung kegiatan tersebut diperlukan livelihood dan socio-economic survey, serta household analysis sampai dengan level individu di setiap lokasi sehingga rekomendasi yang dihasilkan lebih strategis dan dapat ditindaklanjuti untuk memastikan akses partisipasi dan kontrol manfaat yang adil dan setara bagi setiap perempuan penambang di sektor PESK.

#ditpb3 #ditjenpslb3 #klhk #minamata #stoppenggunaanmerkuri #hapusmerkuridaribumipertiwi

Views: 159