Webinar IOMC Toolbox PRTR

Jakarta, Webinar IOMC (Inter-Organization Programme for the Sound Management) Toolbox "Polutant Release Transfer Register (PRTR), diselenggarakan oleh Direktorat Pengelolaan B3-KLHK bekerjasama dengan BCRC-SEA, OECD dan UNITAR (21/05) bertempat di Ruang Rapat Adipura Gd A, Lt1 Kebon Nanas Jakarta Timur tentang Sosialisasi Roadmap PRTR. Peserta adalah perwakilan dari internal unit kerja KLHK (Sesditjen PSLB3, Direktorat PB3, Dit. PPA-PPKL, Dit. PPU-PPKL, Dit. penilaian kinerja B3 dan non B3 serta P3KLL), Dit. Kesling Kemenkes, dan Dit. industri kimia hulu-Kemenperind.

Kegiatan ini merupakan  lanjutan dari hasil pembahasan agenda penyusunan Roadmap PRTR (17/04) di Dafam Hotel. Tujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan mensosialisasikan konsep PRTR, kemanfaatan PRTR, metode pengumpulan dan analisis data, konsep modul database, promosi dan penyajian output data.  Penyampaian materi dari pihak OECD dan UNITAR melalui aplikasi Web Meeting langsung dari Jenewa yang menjelaskan tentang tahapan dan pelingkupan PRTR serta peluang dan tantangan kedepan dalam  penyediaan data  cepat, mudah, terstruktur dan tervalidasi  mengacu pada template yang sudah menjadi standar internasional yang dikembangkan OECD baik dalam tatacara pengumpulan, metodologi pengolahan dan analisis dilengkapi format pelaporan baku yang sudah banyak diterapkan dibeberapa negara maju maupun berkembang. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu semangat  peran pemerintah untuk dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi, pihak swasta, LSM dan masyarakat dalam inisiasi penyusunan roadmap PRTR, sebagai salah satu tools database nasional yang dapat berkontribusi dalam konteks penyediaan, analisis dan penyajian data nasional yang lebih dipercaya dan dipertanggungjawabkan mengenai  informasi bahan pencemar sumber bahan berbahaya beracun yang lepas kelingkungan maupun yang terolah melalui treatment facility (off site) atau tingkat resiko bahaya bahan kimia dalam produk.

PRTR adalah suatu data base atau inventory nasional atau internasional yang menunjukkan jumlah suatu bahan kimia dan polutannya dikeluarkan (dilepaskan) ke media lingkungan (air, udara, tanah) maupun yang dilakukan pengolahan atau pembuangan, bahkan juga terhadap suatu produk. PRTR dapat merupakan perhitungan yang dilakukan terhadap limbah yang dikeluarkan perusahaan, atau dari non point source (pertanian dan transportasi), maupun kandungan yang terdapat dalam produk (OECD).

Harapan kedepan webinar ini menjadi salah satu media yang perlu terus ditingkatkan keberlanjutannya dalam memulai  fasilitasi peningkatan kesadaran dan kapasitas pemerintah dalam mengenal dan memahami secara menyeluruh substansi roadmap PRTR kedepan menuju  kesiapan pemerintah dalam mewujudkan output data dan penyajian informasi lingkungan bagi masyarakat dalam kerangka pembangunan berkelanjutan.

Views: 438