Workshop on Enforcement System bersama Swedish Chemical Agency (KEMI)

Sejak ditandatanganinya Letter of Intent (LoI) tentang Environmental Cooperation antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Swedia pada tahun 2013, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Swedish Chemicals Agency (KEMI) memulai kerjasama dengan fokus pada bidang Sound Chemicals Management. KEMI adalah otoritas pemerintah di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Energi Swedia yang memiliki tugas dan fungsi dalam pengawasan bahan kimia. KEMI adalah salah satu badan yang terdepan dalam upaya mencapai Non-Toxic Environment di Swedia.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan workshop tersebut, pada tanggal 30 November 2016 KLHK bersama dengan KEMI Swedia melakukan kegiatan kunjungan lapangan ke perusahaan DKSH Indonesia di daerah Bekasi. Kegiatan kunjungan lapangan inidimaksudkan untuk mempelajari dan mendiskusikan beberapa hal mengenai sistem pengawasan/pemantauan, pelekatan simbol dan label B3, fasilitas penyimpanan B3sertainformasi lain yang berkaitan dengan pengelolaan B3.

Penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan dalam workshop ini diharapkan dapat menambah pengetahuan aparat dan meningkatkan kinerja berkaitan dengan sistem pengawasan dan penegakan hukum peraturan mengenai bahan kimia bagi kedua belah pihak. Tujuan pengaturan dalam suatu peraturan hukum tidak akan tercapai tanpa adanya sistem penegakan hukum yang baik.

Views: 900