Dieldrin

.: DIELDRIN :.

Tentang Dieldrin

Senyawa POPs berikut ini bernama Dieldri dengan rumus molekul seperti gambar di bawah ini:



Gambar Molekul Dieldrin


Dieldrin memiliki sifat-sifat sebagai berikut :


Gambar Sintesa Dieldrin

Dalam kondisi normal dieldrin berupa Kristal putih yang memiliki bau kimia yang samar. Dieldrin mudah menguap dan dalam bentuk murni meleleh pada suhu 176 derajat celcius, tetapi bentuk-bentukmurni memilikititik lebur lebih rendah sekitar 95 derajat Celsius. Dieldrin tidak larut dalam air, tetapi mudah campur dengan pelarut, lemak dan minyak organic. Dieldrin merupakan bagian dari “drin” kelomok pestisida, dank arena itu memiliki sifat yang mirip dengan anggota kelompok lain seperti aldrin, diedrin, dan isodrin.

Dieldrin mulai diproduksi pada tahun 1948 oleh J. Hyman & Co,sebagai insektisida. Dieldrin telah terbukti sangat efektif dan banyak digunakan selama tahun 1950 hingga awal tahun 1970-an. Secara luas digunakan didaerah pertanian diseluruh dunia terutama pada buah, tanah, dan biji. Dieldrin memiliki waKtu paruh 5 tahun, sehingga tetap bertahan dalam tanah dalam waktu. lama. Pada tahun 1981, penggunaan dieldrin terbatas pada tebu dan pisang. Dieldrin mudah terserap melalui pernafasan, tertelan, atau kulit Didalam tubuh,sebagian besar dieldrin dimetabolisme, dan dreversikan dalam feses dan sisanya di dalam sel lemak. Memerlukan beberapa mimggu dan tahun untuk meninggalkan tubuh.


Efek Terhadap Manusia

Sebagai pencemar POPs yang berbahaya, dieldrin memiliki efek terhadap kesehatan manusia, yakni :

Dieldrin masuk ke dalam tubuh bisa melalui udara yang dihirup, konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi atau melalui kontak mulut. Namun papparan terbesar dieldrin ke tubuh bisa terjadi melalui makan yang terkontaminsi, Menghirup dieldrin tingkat sedang selama jangka waktu tertentu bisa menyebabkan berbagai efek yang bisa merugikan kesehatan,termasuk sakit kepala, pusing, otot tak terkendali, gerakan lekas marah, dan muntah. Menelan dieldrin bisa mneyebabkan mual, muntah, dan diare. Menelan dalam jumlah besar bisa menyebabkan gejala kasus kematian. Kontak kulit dengan dieldrin dalam jumalah besar bisa menyebakan iritasi kulit. Aldrin bereaksi menjadi dieldrin didalam tubuh sehingga paparan aldrin bisa meningkatkan paparan dieldrin didalam tubuh.


Efek Terhadap Lingkungan

Dieldrin sangat beracun bagi organism akuatik,dan dapat terakumulasi dalam lingkungan terutama lemak hewan. Dieldrin mengikat kuat dalam partikel tanah dan tidak mudah terurai. Dieldrin sedikit merembes ke air tanah. Dieldrin yang sudah menguap dari atmosfir mungkin berjalan jauh sebelum kembali disimpan ditempat lain. Oleh karenanya dieldrin digolongankan sebagai” Polutan organic yang persisten”.



Gambar Metabolisme Aldrind dan Dieldrin di Dalam Tubuh Mamalia


Undang-undang dan Perjanjian Internasional

Dieldrin tidak masuk dalam pestisida yang diijinkan oleh Direktorat Keselamatan Pestisida di Inggris, Undang-undang utama di Inggris yang menyebutkan pestisida adalah undang-undang Perlindungan makan dan Lingkungan(FEPA 1985) dan Peraturan Pengendalian Pestisida (COPR 1986).

Dieldrin diatur dalam European Directive 79/117/EEC, pada larangan pemasaran atau penggunaan produk-produk tertentu. Penggunaan dan pembuatan dieldrin dilarang dalam protocol UNECE Pops dan diusulkan untuk dihapus sebgai pestisida dalam konvensi UNEP POPs. Dieldrin juga tercatat sebagai zat dengan tindakan control prioritas dibawah konvensi Helsinki. Dieldrin juga sudah masuk dalam konvensi Stochlom sebagai salah satu bahan Persistent Organic Poluttans yang sudah dilarang penggunaannya di dunia.


Daftar Pustaka :

  1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC288252... (dk. 22 April 2013)
  2. en.wikipedia.org/wiki/Dieldrin (dk.22 April 2013)
  3. http://www.nrdc.org/breastmilk/diel.asp (dk. 22 April 2013)
  4. http://www.atsdr.cdc.gov/toxfaqs/tf.asp?id=316&tid... (dk. 22 April 2013)
  5. http://www.sigmaaldrich.com/catalog/product/aldric... (dk. 22 April 2013)

Views: 3378