Mirex

.: MIREX :.


Mirex adalah hidrokarbon diklorinasi yang dikomersialkan sebagai insektisida dan kemudian dilarang karena dampaknya terhadap lingkungan. Mirex merupakan zatberbau padat dan berupa kristal putih yang merupakan turunan dari siklopentadiena. Mirex dipopulerkan untuk mengendalikan semut api, tetapi berdasarkan ketahanan kimia dan lipophilicity nya, mirex diakui sebagai bioaccumulative polutan. Ironisnya, penyebaran semut api benar-benar didorong oleh penggunaan Mirex, yang juga dapat membunuh semut asli yang sangat kompetitif dengan semut api. Badan perlindungan lingkunga Amerika Serikat telah melarang penggunaan mirex sejak tahun 1976.


Informasi Umum

CAS Nama Kimia
  :   1,1 a, 2,2,3,3 a, 4,5,5 a, 5b ,6-dodecachloroactahidro1 ,3,4 metheno 1H cyclobuta [cd] pentalene
CAS No.   :  2385-85-5
Rumus Molekul  :  C10Cl12
Berat Formula  :  545,5
Penampilan  :  Kristal Putih, Tidak Berbau Padat
Properti  :  Titik Lebur = 485 oC, Tekanan Uap = 3 x 10-7 mm Hg pada 25 oC.
Rumus Struktur  :  
NamaLain/Nama Dagang  :  Dechlorane, Ferriamicide, GC 1283

  

   

Gambar/Foto Produk Mengandung Mirex di Pasaran


Sifat kimia Mirex (kelarutan air rendah, kelarutan lemak tinggi, stabilitas tinggi, dan semi-volatilitas) mendukung transportasi jarak panjang, dan Mirex telah terdeteksi di Arktik air tawar dan organisme terestrial. Mirex atau 1,1a,2,2,3,3a,4,5,5a,5b,6- dodecachloroactahydro- 1,3,4-metheno - 1H- cyclobuta[cd]pentalene dikenal dengan nama dagang Dechlorane, Ferriamicide, dan GC 1283. Mirex memiliki rumus molekul C10Cl12 dan berat molekul 545.5, dan titik lebur sekitar 485°C.

Mirex adalah senyawa kimia insektisida yang tidak terbentuk secara alami di alam. Bentuknya padat kristalin berwarna putih, serta tidak berbau. Mirex pertama kali diproduksi di Amerika Serikat pada tahun 1978 dan digunakan untuk mengendalikan hama semut merah, dan sebagai bahan support dalam pembuatan plastic, karet, cat, kertas dan alat elektronika sejak tahun 1959 hingga 1972. Mirex sebagai flame retardant memiliki nama dagang Dechlorane.

Mirex memiliki sifat yang terurai secara perlahan di lingkungan dan mampu bertahan dalam tanaj dan air selama bertahun-tahun. Mirex tidak mudah menguap dari permukaan air dan tanah, serta tak mudah larut, namun dengan mudah bisa menempel pada tanah dan partikel endapan. Mirex kecil kemungkinan mampu berpindah cukup jauh dari dalam tanah ke dalam air bawah tanah, namun sayangnya mirex mampu terakmulasi dalam jaringan organisme yang hidup dalam lingkungan terkontaminasi dan ter-biomagnifikasi. Organisme sejenis udang-udangan memiliki sensitifitas yang sangat tinggi terhadap mirex dan pestisida lainnya.

Mirex dinobatkan sebagai senyawa pestisida yang paling stabil. Data WHO menyebutkan bahwa waktu paruh Mirex adalah sekitar 10 tahun. Kekuatannya, dipadukan dengan lipofilisitas, memudahkannya ter-bio-akumulasi dalam tubuh berbagai organisme. Faktor bio-konsentrasi Mirex dalam udang pink dan ikan minnow adalah sekitar 2,600 hingga 51,400.

Orang yang terpapar mirex dalam rentang waktu yang lama dan kadar yang tinggi akan mengalami gangguan dalam system syaraf, kulit, hati, dan system reproduksi laki-laki. Paparan ini biasanya terjadi akibat terhirup atau termakan (melalui makanan). Uji coba mirex terhadap binatang percobaan di laboratorium juga menunjukan hal yang sejenis, yaitu kerusakan organ perut seperti usus, ginjal, lalu mata, kelenjar tiroid, system syaraf, dan system reproduksi. Sementara terhadap kanker, uji coba hewan menunjukan terjadinya kemungkinan kanker hati, kelenjar anak ginjal, dan kanker ginjal. Namun pada manusia belum ada pembuktian khusus.

Keberadaan mirex dalam tubuh dapat diketahui melalui pengukuran kadar dalam darah, feses, lemak, susu dengan menggunakan peralatan khusus yang hanya ditemukan di beberapa tempat khusus.

Di Amerika, EPA telah menentukan bahwa batas kadar mirex adalah 1 bagian per triliun bagian utamanya (ppt) untuk melindungi ikan dan organisme perairan lainnya dari kerusakan akibat mirex. EPA juga menetapkan jumlah minimal mirex sebesar 200 pikogram (pg) per kilogram berat badan per hari, tidak akan memiliki efek yang signifikan bagi kesehatan. Sementara itu Food and Drug Administration (FDA) menyarankan bahwa mengkonsumsi ikan dan makanan lainnya yang tercemari mirex dengan kadar di bawah 100 ppt tidak akan menimbulkan dampak bahaya.

Referensi

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Mirex

Views: 2105