Toxaphene

.: TOXAPHENE :.


Toxaphene merupakan jenis pestisida chlorinated hidrokarbon. Toxaphene terdiri dari sekitar 200 campuran senyawa organic, biasanya berbentuk padat berwarna kuning dan berbau seperti terpentin. Selain itu toxaphene memiliki sifat tidak terbakar dan menguap ketika berbentuk padat ataupun ketika dicampur menggunakan cairan. Toxaphene sangat lama didegradasi di lingkungan, dan dapat terakumulasi pada ikan dan mamalia


Informasi Umum

Nama Umum  : Toxaphene (CA)
Nama Lain / Sinonim

  :

Camphechlor (ISO); chlorinated camphene; campheclor; kamfochlor; octachloraphene; octachlorocamphene; polychlorinated camphenes; polychlorocamphene.
CAS No.  :8001-35-2
Rumus Molekul  :C10H10Cl8
Rumus Struktur




  :




Kelarutan  :Air : 3 mg/L pad suhu 25 °C, larut dalam pelarut organik
Tekanan Uap  :0.2-0.4 mm Hg at 25 °C (Hayes,1982).
Titik Lebur   :65-90 °C
Kategori Penggunaan  :Pestisida
Kegunaan / Fungsi

  :

Toxaphene digunakan untuk mengendalikan hama pada tanaman kapas dan tanaman lainnya. Selain itu digunakan juga untuk mengendalikan hama pada hewan – hewan ternak dan untuk meracuni ikan.
Nama Dagang





  :





Agricide maggot killer (f); alltex; Altox; attac 4-2; attac 4-4; attac 6; attac 6-3; attac 8; camphochlor; camphofène huileux; chem-phène; Chem-Phène M5055; Chlor Chem T-590; Chlorocamphene; Crestoxo; cristoxo; cristoxo 90; compound 3956; Estonox; Fasco-Terpene; Geniphene; Gy-Phene; Hercules 3956; hercules toxaphene; Huilex; kamfochlor; m 5055; melipax; Motox; octachlorocamphene; Penphene; Phenacide; Phenatox; Polychlor-camphen; Strobane-T; Toxakil; toxadust; Toxaphene; Toxon 63; toxyphen; vertac toxaphene 90.


Rumus Struktur Untuk Senyawa Turunan Toxaphene Dengan Nomor Atom Karbon* (6-10 atom klorin)

Klasifikasi Bahaya


Mekanisme Penyebaran


Toxaphene memiliki masa tinggal yang lama di alam dan sangat beracun. Itu berarti senyawa tersebut dapat merusak dan meracuni makhluk hidup. Kontaminan toxaphene ( organochlorines / OCs ) dapat berpindah tempat melalui udara maupun air dalam jarak yang jauh. Mekanisme penyebaran ini juga berlaku untuk PCBs dan Dioxin – Furran.

Keterangan Gambar :

  1. Pada temperatur hangat / panas kontaminan toxaphene menguap
  2. OCs ( kontaminan toxaphene ) berpindah tempat melalui udara, dengan bantuan angin menuju ke tempat yang lebih dingin. Proses ini disebut efek grasshopper.
  3. Pada temperature dingin,, OCs mengembun / terkondensasi dan jatuh kembali ke bumi.

Toxaphene dapat diserap tanaman, satwa liar dan manusia dan sebagian besar disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Hewan (predator) yang memangsa hewan lain dan berada di tingkat lebih tinggi pada rantai makanan, lebih mudah terakumulasi kontaminan POPs di dalam tubuhnya. Hal ini dinamakan biomagnifikasi.


Alternatif Pengganti Toxaphene

Di banyak negara, penggunaan toxaphene sudah dilarang untuk tujuan apapun, termasuk di Indonesia. Produksi toxaphene sudah dihentikan 15 – 20 tahun yang lalu. Untuk itu perlu pestisida pengganti toxaphene yang lebih ramah lingkungan. Di Indonesia alternative pengganti toxaphene antara lain: Agrothion 50 EC (Phenitrotion). Curacron 500 EC (Prophenophos). Decis 2,5 EC (Deltamethrin).

Untuk negara lain bahan pengganti toxaphene antara lain:

  1. Pertanian : carbaryl, metil parathion, esfenvalerate, permetrin, malation, endosulfan, klorpirifos
  2. Peternakan ( sapi & babi ) : Amitraz
  3. Kegunaan lain : malathion, permethrin, coumaphos, stirofos, methoxychlor, pyrethrins


Penanganan Limbah

Limbah toxaphene harus dibuang sesuai dengan ketentuan Konvensi Basel tentang Pengawasan Perpindahan Lintas Batas Limbah Berbahaya dan Pembuanggannya. (SBC,1994)

Kenakan pakaian pelindung dan alat bantu pernapasan yang sesuai untuk bahan beracun. Hindari penyebaran debu toxaphene. Masukkan dalam drum kosong kemudian simpan di dalam sanitary landfill sebelum dimusnahkan, atau musnahkan dengan menggunakan metode insenerasi.

Bahan limbah harus dibakar hanya didalam insenerator ruang ganda yang dirancang untuk pembuangan limbah organoklorin ( 1000oC dengan waktu tiggal selama 30 menit ). Tidak semua insenerator cocok untuk senyawa karsinogen.


Dampak pada Kesehatan Manusia

Gejala Keracunan :

Pertolongan Pertama :


Dampak pada Lingkungan

Presisten :


Ekotoksisitas

Ikan :

Invertebrata air :

Unggas :


Referensi

  1. www.pic.int/Portals/5/incs/INC6/6f)/English/DGDTOX-E.DOC
  2. http://www-esd.worldbank.org/popstoolkit/POPsToolk...
  3. http://www.chem.unep.ch/gpa_trial/18toxa.htm

Views: 2357