Alpha HCH

.: ALPHA - HEXA CHLORO CYCLO HEXANE (α-HCH) :.


α-HCH adalah zat organoklorin yang merupakan salah satu isomer dari hexachlorocyclohexane (HCH). Yang merupakan salah satu produk samping dari insektisida lindan dan merupakan salah satu jenis yang masih terkandung dalam insektisida di pasaran. Lindan meskipun sudah tidak diproduksi maupun digunakan namun telah dipergunakan di AS selama kurun waktu lebih dari 20 tahun.


Gambar Rumus Bangun α-HCH


Sifat Fisik :

  1. Dalam air :10 ppm ; 69.5 mg/L
  2. Dalam larutan organic : alcohol: 1.8 g/100 g, ethanol: 6.2 g/100 g


Bahaya Alpha-HCH :

Pada manusia, menghirup sejumlah racun Alpha HCH bisa mengakibatkan kelainan darah, pusing, sakit kepala, dan kemungkinan perubahan tingkat hormone seks dalam darah. Efek ini terjadi pada pekerja yang terpapar uapnya selama dipabrik pembuatanya. Resiko jika tertelan adalah kejang, dan beberapa orang diketahui meninggal. Semua isomer HCH mengganggu kesahatan hati dan ginjal. Badan internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) telah mengklasifikasikan semua isomer HCH sebagai bahan yang karsinogenik dan penyebab kanker pada manusia.


Bukti Karsinogenik α-HCH

Data pada hewan percobaan : Pemberian α-HCH melalui makanan menunjukkan kejadian tumor hati pada 5 strain curut dan tikus. Dari 20-40 tikus yang diberikan α-HCH dengan kadar 100, 250, atau 500 ppm selama 24 hari. Hasil pengamatan menunjukkan lebih dari 24 tikus yang mengalami gejala gangguan hati yang mengarah ke kanker. Namun hasil pengamatan menunjukkan hasil yang jelas ketika sudah mencapai minggu ke 24-26.


Data Karsinogen Pada Manusia :

Sebuah laporan di Jepang bahwa petugas kebersihan mengalami leukemia akut setelah terpapar HCH dan DDT. Batas ambang pencemaran α-HCH pada beberapa aspek adalah sebagai berikut :




Daftar Pustaka :

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Alpha-Hexachlorocyclo...
  2. http://www.atsdr.cdc.gov/toxprofiles/tp43-c4.pdf
  3. http://www.epa.gov/iris/subst/0162.htm
  4. http://www-esd.worldbank.org/popstoolkit/POPsToolk...
  5. http://www.pops.int/documents/meetings/poprc/drpro...

Views: 2776