Chlordecone

Chlordecone merupakan senyawa organoklorin berbentuk padat dan berwarna. Chlordecone masih memiliki hubungan dengan Mirex dan DDT, dan termasuk golongan pestisida yang terdaftar dalam Lampiran A Konvensi Stockholm. Chlordecone mirip dengan DDT dan merupakan produk degradasi Mirex. Chloredecone diproduksi dengan mereaksikan hexachlorocyclopentadine dan sulfur trioksida dengan menggunakan antimony pentaklorida sebagai katalis.

Informasi Umum

 

Sejarah Chlordecone

Chloredcone pertama kali diproduksi pada tahun 1951 dan diperkenalkan secara komersial pada tahun 1958. Di Amerika, Chlodecone atau biasa disebut Kepone diproduksi oleh Signal Company dan Life Sciences Product Company yang terletak di Hopewell, Virginia. Penanganan limbah chlordecone yang tidak tepat dan pembuangan limbah tersebut kesungai terdekat (sungai James) pada tahun 1960 – 1970 an, menarik perhatian public terhadap efek racun atau efek toksik pada satwa liar.

Pada tahun 2009, Chloredecone termasuk dalam daftar lampiran A Konvensi Stockholm tentang bahan pencemar organic presisten. Dan sejak saat itu melarang produksi dan penggunaannya di seluruhdunia. Berikut ini merupakan studi kasus mengenai pencemaran chlordecone:

1. Muara Sungai James

1975, Gubernur Mills Godwin Jr, menutup sungai James akibat sungai tersebut tercemar Chlordecone.Sungai tersebut ditutup dari Richmond hingga ke Chesapeake. Larangan ini tetap berlaku selam 13 tahun, sampai sungai tersebut bersih dari chlordecone.

2. Antilles Prancis

Kepulauan Martinique di Perancis sangat terkontaminasi senyawa Chlordecone, sejak penggunaan secara besar – besaran pada perkebunan pisang di wilayah tersebut. Pada tahun 1990, penggunaan chloredecone telah dilarang di Negara Perancis. Namun, masyarakat perkebunan yang memiliki kekuatan ekonomi melobi secara intensif untuk dapat terus menggunakan Chlordecone hingga tahun 1993.Mereka berpendapat bahwa tidak ada pestisida alternative yang dapat digunakan sebagai pengganti chlordecone. Sejak tahun 2003, pemerintah setempat membatasi budidaya tanaman karena tanah di wilayah tersebut telah tercemar oleh clordecone.

Bioakumulasi

Berikut ini merupakan tabel factor biokonsentrasi (BCF) dari Chlordecone

Views: 1130