Lindane

.: LINDANE :.


Lindan, sebagai salah satu bagian dari POPs, adalah senyawa pestisida organoklorin dengan nama IUPACγ-isomer heksaklorosikloheksanaatau disebut juga benzene heksaklorida. Seperti yang diketahui bahwa γ-isomer adalah senyawa yang paling beracun dari semua jenis pestisida. Penggunaannya pada umumnya tidak untuk ditelan sehingga masuk ke dalam saluran pencernaan. Penggunaan jenis pestisida ini tidak hanya dalam sektor pertanian, melainkan juga dalam sektor peternakan dan kesehatan, di mana lindan digunakan sebagai zat aktif dalam membasmi kutu dan sejenisnya dalam tubuh ternak dan kutu rambut dalam tubuh manusia. Penggunaan lindan sebagai obat jelas akan menuai pertanyaan mengenai kadar racun dan pengaruhnya bagi target yang diobati tersebut. Dan kenyataannya di lapangan, terutama di mancanegara, berbagai Negara melaporkan adanya kasus kematian dan kasus keracunan yang berakibat fatal akibat paparan lindan baik paparan secara kontak maupun melalui pencernaan.

Informasi Umum

Nama IUPAC (1r,2R, S3, 4r,5R, S6) -1,2,3,4,5,6-hexachlorocyclohexane
Nomor CAS  :58-89-9
Rumus Molekul   :C6H6Cl6
Rumus Struktur  :
Massa Molekul   :290,83 g/mol


Lindane, juga dikenal sebagai gamma-hexachlorocyclohexane,(γ-HCH),gammaxene, Gammallin dan bukan dikenal sebagai benzena hexachloride(BHC), adalah organoklorin varian kimia hexachlorocyclohexane yang telah digunakan baik sebagai pertanian insektisida dan sebagai farmasi pengobatan untuk kutu dan kudis. Lindane adalah neurotoksin yang mengganggu GABA neurotransmitter fungsi dengan berinteraksi dengan GABAAreseptor kompleks saluran klorida di picrotoxin situs pengikatan.Pada manusia, lindane mempengaruhi sistem saraf, hati dan ginjal, dan mungkin menjadi karsinogen. Tidak jelas apakah lindane adalah pengganggu endokrin.

Lindan dilaporkan dapat menyebabkan keracunan sel saraf pusat (Central Nervous System-CNS) termasuk serangan akibat kontak kulit yang cukup panjang.Association of Poison Control Centermenyatakan bahwa pada tahun 1993 terdapat 2645 kasus keracunan dengan 18 kasus kematian fatal yang terjadi akibat insektisida hidrokarbon terklorinasi, di mana lindan adalah salah satunya. Memang tidak dijelaskan data spesifik lindan menyebabkan berapa kasus, tapi mengingat lindan memiliki karakteristik racun yang kuat maka bisa jadi kasus tersebut diakibatkan oleh lindan, terlebih laporan pada beberapa tahun berikutnya yang menyatakan kasus yang jelas akibat paparan lindan.

World Health Organization (WHO) telah mengklasifikasikan lindane sebagai "Cukup berbahaya," dan perdagangan internasional dibatasi dan diatur dalam Konvensi Rotterdam tentang Prior Informed Consent. Pada tahun 2009, penggunaan produksi dan pertanian lindane dilarang di bawah Konvensi Stockholm tentang persisten polutan organik (POPs).Sebuah pengecualian khusus larangan yang memungkinkan untuk terus digunakan sebagai pengobatan farmasi lini kedua untuk kutu dan kudis.

Lindan di Indonesia sendiri diproduksi sebagian besar untuk obat kutu rambut, terutama yang bermerk Peditox. Di mancanegara sendiri lindan banyak ditemukan pada produk bermerk Gamene, Kwell, Bio-Well, G-Well, GBH, Kildane, Scabene, dan Thionex. Bahan ini merupakan racun syaraf, dan diketahui mengakibatkan kerusakan terhadap hati dan ginjal, dan diduga menyebabkan kanker. Peredarannya sudah dilarang di 52 negara dan dibatasi di 33 negara lainnya. Perdagangan internasionalnya dibatasi dan diatur oleh konvensi Rotterdam dan Produksi dan Penggunaannya untuk keperluan pertanian sudah dilarang berdasarkan konvensi Stockholm. WHO mendaftarkan bahan ini sebagai'Moderately Hazardous'.

Lindan memiliki efek listrik yang mampu melumpuhkan syaraf dari kutu rambut dan kutu-kutu lainnya. Ditemukan kenyataan bahwa lindan berpengaruh pada kekebalan, dan system syaraf. Penelitian lain menyebutkan bahwa lindan juga menyebabkan kelumpuhan pada hati, penurunan kualitas hormone, dan bahkan kematian. Mekanisme terjadinya berbagai akibat ini telah banyak diteliti.

Efek Bagi Kesehatan Manusia

EPA dan WHO keduanya mengklasifikasikan lindane sebagai "moderat" akut beracun.Lindanmemiliki oral LD50dari 88 mg / kg pada tikus dan LD50melalui kulit dari 1000 mg / kg.Sebagian besar dari efek yang merugikan kesehatan manusia dilaporkan untuk lindane telah terkait dengan penggunaan pertanian yang kronis dan pekerja pengolahan benih pertanian.

Paparan jumlah besar lindane dapat membahayakan sistem saraf, memproduksi berbagai gejala dari sakit kepala dan pusing kejang, kejang dan, lebih jarang, kematian. Lindane belum terbukti mempengaruhi sistem kekebalan tubuh pada manusia dan, itu tidak dianggap sebagai genotoksik. Prenatal paparan β-HCH, suatu isomer lindane dan produk sampingan produksi, telah dikaitkan dengan kadar hormon tiroid diubah dan bisa mempengaruhi perkembangan otak.


Resiko Kesehatan 

Terutama didasarkan pada bukti-bukti dari studi hewan, kebanyakan evaluasi lindane telah menyimpulkan bahwa mungkin dapat menyebabkan kanker. Pada tahun 1987, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) diklasifikasikan lindane sebagai kelompok 2B yang bersifat karsinogen manusia, dan pada tahun 2001 EPA menyimpulkan ada "bukti sugestif karsinogenisitas, tetapi tidak cukup untuk menilai potensi karsinogenik manusia. The US Department of Health and Human Services menetapkan bahwa semua isomer hexachlorocyclohexane, termasuk lindane, wajar dapat diantisipasi menyebabkan kanker pada manusia, dan pada tahun 1999, EPA ditandai carcinogenicity bukti untuk lindane sebagai karsinogenisitas, tetapi tidak cukup untuk menilai potensi karsinogenik manusia. Lindane dan isomernya juga telah di California Proposition 65 daftar karsinogen dikenal sejak tahun 1989. Sebaliknya, Organisasi Kesehatan Dunia menyimpulkan pada tahun 2004 bahwa lindane tidak mungkin menimbulkan risiko karsinogenik bagi manusia.


Reaksi negatif terhadap obat-obatan lindane

Berbagai reaksi negatif terhadap obat-obatan lindane telah dilaporkan, mulai dari iritasi kulit untuk kejang , dan, dalam kasus yang jarang terjadi, kematian. Efek samping yang paling umum adalah rasa terbakar, gatal, kekeringan dan ruam. Sementara efek serius yang langka dan telah kebanyakan didapatkan dari penyalahgunaan, efek samping terjadi bila digunakan dengan benar. FDA karena itu memerlukan apa yang disebut kotak hitam peringatan pada produk lindane, yang menjelaskan risiko produk lindane dan penggunaan yang tepat.

Kotak hitam peringatan menekankan lindane yang tidak boleh digunakan pada bayi prematur dan individu dengan gangguan kejang tidak terkontrol dikenal, dan harus digunakan dengan hati-hati pada bayi, anak-anak, orang tua, dan individu dengan kondisi kulit lainnya (misalnya, dermatitis , psoriasis ), dan orang yang beratnya kurang dari £ 110 (50 kg) karena mungkin akan beresiko neurotoksisitas serius.


Pencemaran lingkungan

Lindane adalah pencemar organik yang persisten : relatif berumur panjang di lingkungan, itu diangkut jarak jauh oleh proses alam seperti distilasi dunia , dan dapat bioaccumulate dalam rantai makanan , meskipun dengan cepat dihilangkan bila paparan dihentikan. Produksi dan pertanian penggunaan lindane adalah penyebab utama pencemaran lingkungan, dan tingkat lindane di lingkungan telah menurun di AS, konsisten dengan penurunan pola penggunaan pertanian. Produksi lindane menghasilkan sejumlah besar limbah hexachlorocyclohexane isomer, dan diperkirakan bahwa setiap ton lindane diproduksi menghasilkan sekitar 9 ton limbah beracun. standar manufaktur modern untuk lindane melibatkan pengobatan dan konversi isomer limbah untuk molekul kurang beracun, proses yang dikenal sebagai retak.

Ketika lindane digunakan dalam pertanian, diperkirakan 12-30% dari itu volatilizes ke atmosfer, di mana ia tunduk pada transportasi jarak jauh dan dapat disimpan oleh hujan. Lindane dalam tanah dapat leach ke permukaan dan bahkan air tanah, dan dapat bioaccumulate dalam rantai makanan. Namun, biotransformasi dan eliminasi adalah relatif cepat bila paparan dihentikan. Kebanyakan paparan dari populasi umum untuk lindane telah dihasilkan dari lahan pertanian dan asupan makanan, seperti produk, daging dan susu, yang dihasilkan dari komoditas pertanian diobati. Eksposur manusia telah menurun secara signifikan sejak pembatalan lahan pertanian pada tahun 2006. Meski begitu, CDC diterbitkan pada tahun 2005 Laporan Nasional Ketiga pada Eksposur Manusia untuk Kimia Lingkungan, yang tidak menemukan terdeteksi jumlah lindane dalam darah manusia yang diambil dari sampling acak sekitar 5.000 orang di Amerika Serikat sebagai bagian dari studi NHANES (National Health dan Gizi Survey Pemeriksaan di: http://www.cdc.gov/nchs/nhanes/about_nhanes.htm). ... Kurangnya deteksi lindane pada manusia "biomonitoring" Penelitian besar ini mungkin mencerminkan lahan pertanian semakin terbatas Lindane selama dua dekade terakhir. Pembatalan lahan pertanian di Amerika Serikat akan mengurangi jumlah lindane diperkenalkan ke lingkungan dengan lebih dari 99%.

Seiring waktu, lindane dipecah dalam tanah, sedimen dan air menjadi zat yang kurang berbahaya oleh ganggang, jamur dan bakteri, namun prosesnya relatif lambat dan tergantung pada kondisi lingkungan ambien. Dampak ekologis ketekunan lingkungan lindane yang terus diperdebatkan. US EPA ditentukan pada tahun 2002 bahwa Badan tidak percaya bahwa lindane mencemari air minum lebih dari tingkat yang dianggap aman. Survei Geologi AS tim menyimpulkan hal yang sama pada tahun 1999 dan 2000. Sehubungan dengan obat lindane, EPA melakukan "down-the-drain" perkiraan jumlah lindane mencapai pasokan air publik dan menyimpulkan bahwa tingkat lindane dari sumber farmasi yang sangat rendah dan tidak menjadi perhatian.

Perhatikan bahwa EPA telah menetapkan tingkat kontaminan maksimum atau "MCL" untuk lindane diperbolehkan dalam persediaan air masyarakat dan dianggap aman untuk minum pada 200 bagian per triliun (ppt). Sebagai perbandingan, negara bagian California memberlakukan MCL lebih rendah untuk lindane dari 19 ppt. Namun, standar California didasarkan pada kriteria air nasional 1988 tanggal yang kemudian direvisi oleh EPA pada 2003-980 ppt. EPA menyatakan bahwa perubahan yang dihasilkan dari kemajuan ilmiah signifikan yang dibuat dalam dua dekade terakhir khususnya di bidang kanker dan penilaian risiko noncancer. Sementara EPA dianggap meningkatkan standar MCL untuk lindane sampai 980 ppt pada waktu itu, perubahan itu tidak pernah dilaksanakan karena negara memiliki sedikit kesulitan dalam mempertahankan tingkat lindane bawah 200 batas MCL ppt sudah di tempat. Saat ini, kekuatan hukum MCL standar untuk lindane adalah 200 ppt sedangkan kriteria air nasional untuk lindane adalah 980 ppt.


Isomer

Lindane adalah isomer gamma hexachlorocyclohexane (-HCH). Selain masalah polusi lindane, ada kekhawatiran terkait dengan isomer lain dari HCH, yaitu alpha-HCH dan beta-HCH , yang terutama lebih beracun dari lindane, kurangnya sifat insektisida, serta merupakan produk sampingan dari produksi lindane. Pada 1940-an dan 1950-an, produsen lindane ditimbun isomer ini di tumpukan terbuka, yang menyebabkan tanah dan air kontaminasi. Internasional HCH dan Forum Pestisida sejak itu telah dibentuk untuk mempertemukan para pakar untuk mengatasi penahanan bersih-up dan situs-situs tersebut. standar manufaktur modern untuk lindane melibatkan pengobatan dan konversi isomer limbah industri kurang beracun bahan kimia, proses yang dikenal sebagai retak . Saat ini, hanya beberapa pabrik produksi tetap aktif di seluruh dunia untuk mengakomodasi penggunaan kesehatan masyarakat dari kebutuhan pertanian lindane dan menurun. Lindane belum diproduksi di AS sejak pertengahan 1970-an, tetapi terus harus diimpor.


Daftar Pustaka

http://en.wikipedia.org/wiki/Lindane

Views: 5271