PFOS

.: PFOS (PER FLUORO OCTANE SULFONATE) :.


PFOS adalah sulfonat perfluoralkyl yang umum digunakan sebagai garam sederhana (seperti kalium, natrium, atau amonium) atau dapat juga dimasukan ke dalam polimer yang lebih besar. merupakan produk degradasi fluorochemicals berbasis sulfonil yang digunakan secara ekstensif dalam aplikasi industri dan rumah tangga.

PFOS memiliki nama sinonim berupa asam :


Informasi Umum

Nama Umum  :  Per Fluoro Octane Sulfonat (PFOS)
Deskripsi Fisik  :  Serbuk Putih
Sinonim  :  1,1,2,2,3,3,4,4,5,5,6,6,7,7,8,8,8-Heptadecafluoro-1-octanesulfonic acid
CAS No.   :  2795-39-3
Rumus Molekul  :  C8 F17SO3-
Berat molekul  :  538 g/mol (Potassium Salt)
Solubilitas Air  :  570 mg/L (Purified), 370 mg/L (Freshwater), 25 mg/L (Filtered Seawater) pada suhu 25°C
Tekanan uap  :  2.48 x 10-6 mm Hg pada 20°C
Titik Lebur  :  > 400 °C
Titik Didih  :  tidak terukur
Air Water Partition Coefficient  :  < 2 x 10-6 Pa.m3/mol
Octanol-Water Partition Coefficient  :  tidak terukur (log Kow )
Organic-Carbon Partition Coefficient  :  2.57 log Koc
Konstanta Henry  :  3.05 x 10-9 atm m3/mol
Half Life  :  Atmospheric : 114 hari, Water : > 41 tahun (pada 25 oC), Photolytic : > 3.7 tahun, Sonolysis   : 20~60 menit
Rumus Struktur  :        


Perfluorooctane sulfonate diproduksi oleh proses ECF (lihat gambar di bawah). Bahan baku awal untuk proses ini adalah 1 octanesulfonyl –fluorida, dan produk awal adalah perfluorooctanesulfonyl fluorida (POSF). Produk ini dijual secara komersial sampai batas tertentu, tetapi terutama digunakan sebagai perantara dalam produksi zat lainnya. Yang paling sederhana di antaranya adalah PFOS sendiri, diproduksi oleh hidrolisis POSF. Kemudian, berbagai garam kemudian dihasilkan dari produk PFOS ini.

PFOS adalah bahan kimia yang stabil terbuat dari rantai karbon panjang yang baik lipid dan BERSIFAT menolak air/hidrofobik. Karena karakter amfifilik yang unik, PFOS dan PFOA digunakan sebagai bahan aktif permukaan dalam berbagai aplikasi suhu tinggi dan untuk aplikasi dalam kontak dengan asam kuat atau basa. PFOS digunakan dalam berbagai produk industri dan komersial seperti tekstil dan produk kulit, busa pemadam kebakaran, pelapisan logam, industri fotografi, fotolitografi, semikonduktor, kertas dan kemasan, aditif coating, produk pembersih, dan pestisida.

Bahan kimia PFOS kini tidak lagi diproduksi di Amerika Serikat. Namun, bahan ini dapat diimpor dan digunakan untuk keperluan khusus yang terbatas. PFOS secara kimiawi dan biologis merupakan senyawa yang stabil dalam lingkungan dan tahan terhadap biodegradasi, fotooksidasi atmosfer, fotolisis langsung, dan hidrolisis. Akibatnya, bahan kimia ini sangat persisten di lingkungan. PFOS telah terbukti dapat ter-bioakumulasi dan ter-biomagnifikasi dalam spesies satwa liar seperti ikan dan burung iscivorous. Faktor biomagnifikasi berkisar 1,4-17 kilogram per kilogram (kg / kg) pada burung predator dan mamalia.

Berdasarkan informasi terbatas yang tersedia, ikan dan produk perikanan tampaknya menjadi salah satu sumber utama paparan PFOS. Konsentrasi maksimum yang diizinkan untuk konsumsi ikan oleh manusia sebagai rute yang paling penting, adalah 0,65 nanogram per liter (ng / L) untuk air tawar. EPA belum membentuk tingkat risiko minimal untuk PFOS karena penelitian pada manusia sampai saat ini tidak cukup untuk menentukan dengan tingkat kepastian yang memadai bahwa efek yang baik paparan terkait atau merugikan.

Ikan tampaknya menjadi sumber penting dari paparan PFOS, meskipun data mungkin dipengaruhi oleh hasil penelitian di daerah yang relatif tercemar, yang kemungkinan akan terkena over-estimasi dari ikan yang biasa dikonsumsi. Ada sangat sedikit data, terutama untuk Eropa, yang dapat berfungsi sebagai indikator yang dapat diandalkan dari kepentingan relatif dari sebagian besar jenis makanan lain. Air minum diperkirakan berkontribusi kurang dari 0,5% dari indikasi paparan. Pentingnya ikan, namun tidak didukung oleh semua studi, yang menunjukkan sumber penting lainnya dari paparan mungkin ada yang belum teridentifikasi. Ada kemungkinan bahwa paparan tambahan untuk PFOS dapat dihasilkan dari prekursor dan sumber lainnya.

Sumber tersebut bisa terkait dengan makanan (misalnya melalui bahan kemasan atau peralatan masak) atau terpapar langsung dari technosphere (misalnya debu rumah tangga). Berdasarkan data yang tersedia untuk ikan dan produk perikanan, perkiraan menunjukkan paparan diet untuk PFOS adalah 60 ng / kg berat badan (bb) per hari bagi konsumen rata-rata, dan 200 ng / kg bb per hari untuk konsumen ikan pada level yang lebih tinggi.

Sebaliknya, studi terbaru yang mengindikasikan paparan yang jauh lebih rendah menunjukkan ketidakpastian dalam penilaian. Pentingnya kemungkinan jalur paparan non-makanan untuk PFOS telah diperkirakan menurun ketika bergerak dari masa kanak-kanak menjadi dewasa. Total kontribusi dari bahan non-pangan diperkirakan kurang dari 2% dibandingkan dengan total rata-rata paparan PFOS. Pada individu dengan konsumsi ikan yang tinggi, persentase kontribusi dari paparan non-pangan diperkirakan akan lebih rendah.

Daftar Pustaka :
http://en.wikipedia.org/wiki/PFOS

Views: 2088