KLHK Gelar Bimbingan Teknis dan Coaching Clinic Pengelolaan B3 untuk Industri

Batu, Jawa Timur - Pada 13 Juni 2024, KLHK (c.q. Direktorat Pengelolaan B3) menyelenggarakan pembinaan kepada industri terkait registrasi B3, notifikasi B3, dan rekomendasi pengangkutan B3 melalui "Bimbingan Teknis dan Coaching Clinic Pengelolaan B3" di Hotel Golden Hill by Golden Tulip, Kota Batu, Jawa Timur. Bimbingan teknis ini dibuka oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kota Batu beserta 100 peserta yang terdiri dari perwakilan DLH Provinsi Jawa Timur, DLH Kota Batu, dan perusahaan/industri importir, produsen, maupun transporter B3, dan juga dari internal KLHK.

Dalam sambutannya, Dirjen PSLB3 menekankan bahwa penggunaan dan jumlah B3 di Indonesia terus meningkat dalam tiga dekade terakhir, dan hal ini membawa risiko besar terhadap kesehatan manusia dan lingkungan hidup.

Menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap orang yang terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan B3 diwajibkan melakukan pengelolaan yang baik. Direktorat Pengelolaan B3 bertugas memastikan hal ini melalui registrasi, notifikasi, dan rekomendasi pengangkutan B3.

Dalam kegiatan bimtek ini, dipaparkan penjelasan tentang kebijakan pengelolaan B3 yang disampaikan oleh Bapak Ari Sugasri,Direktur Pengelolaan B3. Setelah pemaparan, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendapatkan coaching terkait mekanisme registrasi B3, notifikasi B3, dan surat rekomendasi pengangkutan B3. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok dengan masing-masing kelompok didampingi oleh fasilitator dari Direktorat Pengelolaan B3. Selain kebijakan terkait Pengelolaan B3, disampaikan juga mekanisme dan praktik pelaporan pengelolaan B3 melalui E-Pelaporan Impor B3 (EPIB3) yang disampaikan oleh Ibu Yunik Kuncaraning Purwandari, Kepala Subdirektorat Penetapan B3.

Bimbingan teknis ini dirancang untuk memfasilitasi perusahaan/industri melalui pemaparan, diskusi, dan coaching clinic yang dipandu oleh tim teknis pelayanan publik B3. Dalam penutupannya, Direktur Pengelolaan B3 mengharapkan seluruh peserta dapat memahami seluruh mekanisme pelayanan publik pengelolaan B3, sehingga tidak ada lagi kendala dalam proses pengajuan ke depannya.

                                                   

sosialisasi klhk ditpb3 ditjenpslb3 bimbinganteknis

Views: 82