Perhatian! Mulai Oktober 2022, Pelaporan Online Realisasi Impor B3 Sepenuhnya Berlaku

Jakarta- Direktorat Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada hari Kamis, 1 September 2022, melaksanakan sosialisasi dan pendampingan teknis penggunaan aplikasi E-Pelaporan Impor B3 (EPIB3) untuk batch yangterakhir. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan sosialisasi serupa yang dilaksanakan dalam beberapa gelombang dengan mengundang para pelaku usaha dan atau kegiatan impor B3 yang ada di seluruh Indonesia secara online. Selanjutnya, mulai bulan Oktober 2022 pelaporan impor B3 sudah tidak dapat lagi dilakukan secara manual melainkan secara online dengan mengakses https://sitkb3.menlhk.go.id/ epib3

Aplikasi EPIB3 sendiri merupakan sistem berbasis web yang disediakan bagi perusahaan untuk memasukkan data realisasi impor B3 dan menyampaikan pelaporannya secara online. Selama ini pelaporan impor B3 masih dilakukan melalui 2 (dua) kanal yaitu secara online dan manual (hardcopy). Selain kurang efektif, partisipasi perusahaan dalam penyampaian laporan juga masih sedikit. Dari sekitar 626 perusahaan melakukan impor B3 dari tahun 2018 – 2022, tercatat masih kurang dari separuhnya yang sudah melaporkan realisasi impornya. Diharapkan dengan penerapan secara penuh penggunaan aplikasi EPIB3, jumlah tersebut semakin meningkat mencapai 100% dari seluruh importir B3 yang telah mendapatkan SK Registrasi Impor B3 dari KLHK. Hal ini sesuai dengan amanat dalam PP Nomor 74 Tahun 2001 pasal 31 yang berbunyi “setiap orang yang melakukan kegiatan pengelolaan B3 wajib menyampaikan laporan tentang pengelolaan B3 secara berkala sekurang-kurangnya 6 bulan sekali kepada instansi yang bertanggung jawab dan instansi yang berwenang dibidang tugas masing-masing dan melaporkan kepada Gubernur/Walikota/Bupati”.

Sosialisasi yang dilaksanakan dalam 2 (dua) sesi, pagi pukul 10.00 – 12.00 WIB dan siang pukul 13.00 – 15.00 WIB, dihadiri kurang lebih 119 peserta dari 94 perusahaan. Selain paparan mengenai kebijakan dan peraturan terkait pelaporan impor B3 juga dilakukan pendampingan teknis penggunaan aplikasi. Perwakilan perusahaan diberikan waktu mempraktekan langsung penginputan data dan penyampian laporan.

https://sitkb3.menlhk.go.id/epib3/

download manual aplikasi

Peserta mengikuti seluruh sesi kegiatan dengan antusias. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi aktif dan interaktif dari peserta melalui pertanyaan, saran dan feedback yang diajukan. Beberapa topik pertanyaan yang banyak dilontarkan antara lain mengenai akun pengguna dan teknis penginputan data. Selain narasumber dari unit teknis Direktorat Pengelolaan B3 juga dihadiri perwakilan dari unit PTSP yang banyak membantu mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi peserta terkait penggunaan akun.

(BS - KZ)

klhk b3 EPIB3 Pelaporan Impor B3

Views: 53