Pertemuan Teknis Ke-2 Mitra SIB3POP

Pertemuan Tim Teknis Mitra Sektor SIB3POP ke-2, diselenggarakan pada tanggal 27 Juli tahun 2017 di Ruang Rapat KEHATI-KLHK melibatkan beberapa sektor terkait dan wakil dari internal KLHK (Dit. Pengelolaan B3, P3KL-KLHK), PTL-BPPT,  BPS, dan Kementerian Pertanian.

Tujuan pertemuan ini adalah: 1) menindaklanjuti kesediaan sektor terkait dalam hal penyampaian bahan/materi pemutakhiran sistem informasi B3 dan POP sesuai dengan kesepakatan pertemuan sebelumnya;  2) edukasi dan pertukaran data dan informasi publik dalam rangka pelaksanaan UU No. 19 Tahun 2009 tentang Pengesahan Konvensi Stockholm tentang Bahan Pencemar Organik yang Persisten dan UU No. 10 Tahun 2013 tentang Pengesahan Konvensi Rotterdam tentang Prosedur Persetujuan Atas Dasar Informasi Awal Untuk Bahan untuk Bahan Kimia dan Pestisida tertentu dalam Perdagangan Internasional. 

Pertemuan Mitra SITKB3POP ke-2 ini diisi dengan reviu kegiatan sebelumnya dan untuk mendapatkan masukan dari seluruh anggota.

Kasubdit. Inventarisasi Penggunaan B3, KLHK selanjutnya memberikan paparan tentang Hasil Inventarisasi B3 sektor Manufaktur, Jasa dan Kesehatan yang telah dilakukan pada tahun 2016. Paparan tersebut merupakan rangkuman dari usulan artikel yang akan ditayangkan dalam SITKB3POP sebagai informasi bagaimana industri terkait melakukan upaya pengelolaan B3.

Untuk pertemuan selanjutnya wakil dari Direktorat Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT bersedia untuk memberikan paparan artikel dengan usulan topik hasil penelitian terkait PCB. Selain itu, ada kesediaan juga untuk menyampaikan hal yang sama dari wakil Pusat Informasi Obat dan Makanan, BPOM.

Anggota Mitra SITKB3POP mengapresiasi pertemuan hari ini, dan diharapkan setiap anggota SITKB3POP dapat semakin aktif untuk berkontribusi memperkaya portal SITKB3POP.

Views: 488