Pertemuan Teknis Mitra SIB3POP ke-4

Jakarta. Pertemuan rutin anggota Sistem Informasi Bahan Berbahan dan Beracun dan POPs (SIB3POP) dilaksanakan pada hari Jum’at (13/10), di Ruang Rapat Gedung E Lt 1, BPOM yang melibatkan beberapa sektor terkait dan wakil dari internal KLHK (Dit. Pengelolaan B3, P3KL-KLHK), ESDM, Kemenperind, BPOM, Balitbankes-Kemenkes. Dihadiri oleh sekitar 20 (dua puluh) anggota, pertemuan mendiskusikan materi artikel dari wakil Kemenperind terkait KEBIJAKAN KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN TENTANG POPs -POLYBROMINATED DIPHENIL ETHER (PBDE) UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI HIJAU (RAMAH LINGKUNGAN) dan sensitif gender, serta wakil dari Badan Litbang Kesehatan tentang Informasi Bahan Berbahaya Beracun Dan Pencemar Organik Persisten (SIBP3POPs) di Kemenkes.

Senyawa PBDE merupakan salah satu jenis brominated flame-retardants, suatu senyawa yang digunakan untuk mengurangi tingkat panas (flammability) pada bagian produk elektronik seperti PCB, komponen konektor, kabel, dan plastik penutup TV atau komputer, mainan dan perabot (furniture). Kebijakan PBDE belum diatur oleh Pemerintah IndonesiaDampak PBDE : 1) Merusak sistem endokrin dan mereduksi level hormon tiroksin di hewan mamalia dan manusia sehingga perkembangan tubuhnya menjadi terganggu, 2) PBDEs menunjukkan kemampuan bioakumulasi (sel mempunyai kemampuan untuk mengakumulasi nutrien dan mineral esensial, sel juga dapat mangabsorpsi dan menyimpan senyawa toksik),” kata Lilih. Sementara paparan kedua dari Kemenkes tentang ,.

Paparan tentang bahan berbahaya pada kosmetika dan keracunan menjadi topik kedua yang akan menjadi artikel penulisan Informasi Bahan Berbahaya Beracun Dan Pencemar Organik Persisten (SIBP3POPs) di Kemenkes dari wakil Kemenkes. Athena menyampaikan bahwa Data dan Informasi B3POPs yang tersedia di Lingkungan Kementerian Kesehatan masih terbatas, belum spesifik dan masih terserak di berbagai unit utama. Beberapa referensi hasil-hasil penelitian terkait POP juga disampaikan untuk menjadi bahan penulisan CMS SIB3POP diantaranya: studi merkuri dan dampaknya terhadap kesehatan, pengendalian resiko kesehatan masyarakat akibat pajanan merkuri, kandungan logam berat pada air tanah di sekitar perumahan tipe kecil di Jabodetabek, analisis residu pestisida organoklorin.

Artikel lengkap dengan kedua topik akan ditayangkan dalam SIB3POP, dan pertemuan selanjutnya diisi dari penulisan artikel dari anggota dari mitra SIB3POP lainnya.

kebijakan-kemenperin-pbde-dan-ge-810efc839b.pdf

sb3popskemenkes-b63b1df82d.pdf

Views: 485