​Workshop on Capacity Building on Chemical Management Information System

Selasa-Kamis, 12 – 15 Desember 2023, Direktorat Pengelolaan B3 bersama dengan Swedish Environment Proctection Agency (SWEPA) dan Swedish Chemcial Agency (KEMI) mengadakan Workshop on Capacity Building on Chemical Management Information System di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Swedia menghadirkan expert yang menjadi fasilitator pada kegiatan ini yaitu Anna Otmalm, Hugo Perdosa Latorre, dan Johan Wulff dari SwEPA, serta Emma Swedberg dari KEMI. Perwakilan dari Kedutaan Besar Swedia di Jakarta juga turut hadir dalam Workshop tersebut. Peserta workshop lainnya merupakan staf dari unit Direktorat Pengelolaan B3

Pada hari pertama pelaksanaan workshop, Kasubdit penetapan B3, Ibu Yunik Kuncaraning Purwandari,mewakili Direktur Pengelolaan B3 membuka acara sekaligus memperkenalkan institusi KLHK khususnya unit Direktorat Pengelolaan B3. Dalam sambutannya, Ibu Yunik menyampaikan bahwa workshop ini adalah tindak lanjut hasil pembicraan yang dilaksanakan pada pertemuan Stockholm 50+ pada tahun 2022 di Stockholm, Swedia yang dihadiri oleh Direktur Jenderal PSLB3. Dalam kesempatan tersebut, juga dijelaskan mengenai kondisi pengelolaan data terkait bahan kimia yang masih tersebar di beberapa institusi yang berbeda dan belum adanya mekanisme integrasi dan pertukaran data antar sistem sehingga sulit untuk mendapatkan gambaran utuh pengelolaan bahan kimia mulai dari proses importasi dan produksi, transportasi, penyimpanan, penggunaan dan pembuangannya. Hal tersebut kemudian menjadi kendala ketika melakukan analisis secara komprehensif.

    

Workshop berlangsung selama 4 hari dan dilaksanakan secara interaktif dan dinamis. Fasilitator selain menyampaikan mengenai kondisi pengelolaan bahan kimia di Swedia juga bersama-sama dengan peserta dadidapatkan. Selain itu juga mengidentifikasi relasi diantara para stakeholder. Hasil dari identifikasi tersebut diharapkan dapat membantu dalam menentukan gap antara kondisi pengelolaan informasi bahan kimia Indonesia sesuai dengan yang diharapkan dengan memperhatikan kondisi yang ada saat ini. 

klhk b3 ditpb3 bahan kimia KEMI SwEPA

Views: 116